Apa Itu Copywriting? Definisi dan Manfaatnya untuk Brand

17.02.2022

Dynar Manggiasih

Saat melihat sebuah iklan di majalah, atau konten dari sebuah brand di media sosial, apakah Anda memperhatikan tulisan yang ada di dalam iklan atau konten tersebut?

\\r\\n\\r\\n

Anda mungkin menemukan tulisan dengan gaya yang berbeda-beda. Ada yang secara langsung menyebutkan kelebihan produk, ada yang mengaitkan dengan isu terkini, ada juga yang menyindir brand lain untuk mempromosikan produknya. Dalam dunia marketing, semua tulisan tersebut biasa disebut copywriting. 

\\r\\n\\r\\n

Apa Itu Copywriting?

\\r\\n\\r\\n

Copywriting adalah teknik marketing untuk membujuk audiens agar mengikuti perintah yang diberikan atau diinginkan. Perintah yang dimaksud ini bisa berbentuk apa saja dengan tujuan untuk menghasilkan konversi. Misalnya membeli produk, berlangganan newsletter, membuat akun, dan sebagainya.

\\r\\n\\r\\n

Copywriting bisa Anda temukan di banyak media pemasaran. Diantaranya adalah konten media sosial, email newsletter, headline dan meta description pada hasil pencarian Google, teks di landing page, artikel blog, iklan berbayar di Google maupun media sosial, dan judul serta deskripsi video di Youtube.

\\r\\n\\r\\n

Awalnya, copywriting hanya digunakan untuk membuat advertorial, sales letter, billboard, dan juga media pemasaran tertulis lainnya. Itulah mengapa teknik ini disebut dengan copywriting. Tapi di era digital seperti saat ini, ternyata copywriting masih dianggap sebagai suatu hal yang penting. Selain bisa dituangkan dalam bentuk tulisan, copywriting juga bisa diterapkan dalam membuat suatu naskah video ataupun podcast.

\\r\\n\\r\\n

Perbedaan Copywriting dan Content Writing

\\r\\n\\r\\n

Dalam dunia penulisan konten, selain copywriting dikenal juga istilah content writing. Terkadang, orang bingung membedakan keduanya karena sama-sama berisi konten untuk kebutuhan marketing. Tapi, sebenarnya dua jenis penulisan konten ini berbeda kok.

\\r\\n\\r\\n

Copywriting biasanya memiliki isi konten yang cenderung pendek, tidak komprehensif, tapi harus langsung punchy alias teat sasaran atau inti dari pesan yang ingin disampaikan. Hal ini pula yang menyebabkan copywriting identik dengan industri periklanan, karena fokusnya memang untuk media promosi. Jika Anda melihat iklan di TV, papan reklame, media cetak, atau internet dengan bentuk apapun tapi memiliki slogan atau kata-kata yang pendek, itulah bentuk konten dari copywriting.

\\r\\n\\r\\n

Sedangkan content writing memiliki isi konten yang cenderung lebih panjang dan komprehensif. Biasanya output dari content writing adalah artikel, sehingga wajar kalau jumlah kata-katanya jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan output dari copywriting. Fokus dari content writing adalah sebagai media informasi, maka dari itu isinya harus jelas, akurat, dan terpercaya. Cara penulisannya pun perlu diperhatikan, karena harus bisa membuat pembacanya nyaman dengan isi konten yang cukup panjang.

\\r\\n\\r\\n

Manfaat Copywriting

\\r\\n\\r\\n

Penggunaan copywriting dalam dunia marketing dapat memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

     Membangun Citra Perusahaan atau Brand 

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Copywriting dapat membantu audiens untuk menentukan apakah sebuah perusahaan atau brand tersebut menarik dan kredibel atau tidak. Copywriting yang baik tidak hanya menampilkan citra positif perusahaan atau brand, tetapi juga memungkinkan audiens untuk merasakan seperti apa “rasanya” perusahaan atau brand tersebut dan apa yang sebenarnya diperjuangkan.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Membuat Audiens Selalu Mengingat Sebuah Produk atau Jasa

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Mungkin Anda pernah mengalami membaca copy di sebuah konten yang sangat menarik sampai terngiang-ngiang terus di kepala. Jika hal itu terjadi, berarti copywriting dari konten tersebut sangatlah bagus. Sesuai dengan tujuan copywriting yaitu untuk membujuk atau merayu audiens, berhasil membuat mereka terus teringat adalah awal yang baik. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Meningkatkan Konversi

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Setelah berhasil membuat audiens terus teringat dengan produk atau jasa yang ditawarkan, biasanya yang terjadi berikutnya adalah konversi. Jika audiens mengingat copy-nya, berarti mereka juga mengingat dan merasa tertarik dengan produk atau jasanya. Maka bukan tidak mungkin kalau pada akhirnya mereka juga akan membeli atau menggunakan produk atau jasa tersebut.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Menggiring Opini Audiens

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Copy yang dibuat untuk sebuah produk atau jasa sangat mungkin memuat kata-kata yang bisa menggiring opini audiens. Permainan kata yang digunakan memang terasa sederhana, tapi efek yang diberikan bisa jadi sangat besar. Karena itu sebuah copy sangat mungkin digunakan untuk mempengaruhi pembaca agar mengikuti opini yang sengaja disisipkan didalamnya.

\\r\\n\\r\\n

Tips Membuat Copywriting yang Menarik

\\r\\n\\r\\n

Untuk dapat menghasilkan copywriting yang menarik, berikut beberapa tips yang bisa Anda coba:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Kenali Siapa Audiens Anda

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Sebelum membuat copy untuk sebuah produk atau jasa, Anda perlu mengenali siapa audiens yang menjadi targetnya. Cari informasi sedetail mungkin mengenai audiens, dan pahami sisi psikologisnya. Misalnya Anda akan membuat copy untuk produk eau de toilette merk A, dengan target audiens remaja usia 12-20 tahun yang tinggal di Jabodetabek. Nah, Anda perlu mencari tahu bagaimana karakter mereka, dan apa saja yang mungkin mempengaruhi keputusan mereka saat memilih produk eau de toilette. 

\\r\\n\\r\\n

Pertimbangkan juga lokasi audiens yang tinggal di Jabodetabek, yaitu daerah dengan perubahan arus informasi yang sangat cepat. Jika Anda mampu memahami psikologi pembaca, kemudian menerapkannya dalam tulisan, maka hasil tulisan copywriting pun akan tepat sasaran. Bahkan bisa berhasil dengan baik untuk mempengaruhi audiens sampai mereka dengan senang hati membeli produk tersebut.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Pahami Materi Produk atau Jasa yang Ditawarkan

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Untuk membuat copy dari suatu produk atau jasa, mau tidak mau Anda harus menguasai informasi atau materi dari produk yang akan diiklankan. Semakin terbiasa dengan produk atau materi layanan yang akan dibuat copy-nya, semakin besar kemungkinan Anda dapat menyajikan konten dengan copywriting yang menarik. Tonjolkan juga unique selling point dari produk tersebut dibandingkan dengan produk serupa milik kompetitor. 

\\r\\n\\r\\n

Misalnya produk kacang telur. Memang di pasaran saat ini sudah banyak produk kacang telur serupa. Namun, karena produk Anda menggunakan teknik dipanggang bukan digoreng, keunggulan inilah yang harus dibuat copy semenarik mungkin. Tidak perlu menjelek-jelekkan produk kompetitor, cukup fokus saja dengan kelebihan produk Anda.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Perhatikan Kualitas Konten

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Beberapa poin penting yang menentukan kualitas konten diantaranya gaya bahasa penulisan, tata letak artikel, dan gambar atau foto yang menjadi pelengkap artikel, dan video pendukung. Untuk gaya bahasa, perhatikan target pasar yang menjadi sasaran iklan Anda. Misalnya, jika target pasarnya generasi Y atau millennial, gunakan gaya bahasa yang santai dan to the point.

\\r\\n\\r\\n

Sementara jika target pasarnya generasi X, sebaiknya gunakan gaya bahasa formal, namun tetap dibalut dengan hal-hal menarik yang bisa menyentuh hati mereka.  Selain itu, pilih font atau jenis huruf yang tepat. Jangan sampai menggunakan jenis huruf yang terlalu kecil hingga sulit dibaca. Pengaturan spasi dan jarak antar paragraf juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kenyamanan orang saat membaca copy yang Anda buat.

\\r\\n\\r\\n

Dengan menggunakan copywriting yang baik, promosi sebuah produk atau jasa akan berjalan dengan lebih baik dan bukan tidak mungkin menghasilkan konversi yang lebih banyak. Tapi jika Anda masih merasa bingung atau kurang mengerti terhadap pemanfaatan copywriting untuk kebutuhan digital marketing, tim dari Established Jakarta sebagai marketing partner dengan tailored marketing strategy selalu siap membantu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Established Jakarta, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Us

Up Next

Manfaat Copywriting untuk Brand
Read More
Manfaat Copywriting untuk Brand
Read More