Lagi Belajar Digital Marketing? Ini 7 Ahli Digital Marketing yang Wajib Anda Ikuti!

16.02.2022

Fauzan Hanif

Digital marketing kian dilirik baik oleh pemula hingga pebisnis berpengalaman. Kami juga yakin, Anda yang membaca tulisan ini sudah mencari ahli digital marketing yang dapat menjadi referensi belajar. 

\\r\\n\\r\\n

Namun, saking banyaknya informasi yang tersedia di internet, Anda mungkin bingung untuk memulai dari mana, atau dengan siapa tepatnya Anda harus belajar bidang ini.

\\r\\n\\r\\n

Jangan khawatir, karena Established Jakarta telah merangkum tujuh pakar digital marketing yang dapat membantu Anda. Tujuh orang ini merupakan expert yang memiliki pengalaman panjang dalam membantu klien-klien mereka untuk mengembangkan bisnis secara online. 

\\r\\n\\r\\n

Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita mengenal tujuh ahli digital marketing ini. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Neil Patel

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Neil Patel adalah salah satu penulis terlaris New York Times. The Wall Street Journal menjulukinya sebagai influencer papan atas di internet. Forbes mengakui bahwa Patel termasuk ke dalam top 10 marketer dunia. Pada masanya, mantan presiden AS Barack Obama menyebut Patel sebagai satu dari 100 entrepreneur terbaik di bawah 30 tahun. Saat ini, usianya memang sudah 36 tahun, tapi itu pun masih tergolong muda untuk seorang ahli digital marketing.

\\r\\n\\r\\n

Sebagai pakar digital marketing kelas dunia, Patel menguasai seluruh cabang digital marketing. Materi-materi pembelajaran yang ia sediakan mencakup media sosial, email marketing, blog, hingga e-commerce. Anda bisa menontonnya secara cuma-cuma di kanal Youtube-nya.

\\r\\n\\r\\n

Di luar itu semua, skill Patel yang paling diakui dunia adalah keahlian SEO-nya. Di blog pribadinya, Patel memiliki berbagai tools untuk menganalisis trafik situs secara organik. Berkat fitur tersebut serta konten-konten bermanfaat lainnya, blog Patel dikunjungi 4 juta orang setiap bulannya.

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Neil Patel di: 

\\r\\n\\r\\n

Blog: https://neilpatel.com/

\\r\\n\\r\\n

Youtube: https://www.youtube.com/user/neilvkpatel

\\r\\n\\r\\n

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/neilkpatel/ 

\\r\\n\\r\\n

Instagram : https://www.instagram.com/neilpatel/

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Rand Fishkin

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Satu lagi ahli SEO di tulisan ini. Di tahun 2001, Fishkin mulai sadar betapa pentingnya hasil pencarian organik bagi pertumbuhan sebuah bisnis. Alasannya, ia mengetahui bahwa pertumbuhan traffic situs secara organik berdampak besar terhadap awareness target pasar. 

\\r\\n\\r\\n

Sayangnya, saat itu Fishkin belum paham betul dunia per-SEO-an, yang membuatnya semakin rajin mencari informasi sendiri. Ia memulainya melalui forum tanya jawab online hingga sukses membuat blognya sendiri, SEOmoz, di tahun 2004. 

\\r\\n\\r\\n

Dari blog tersebut, Fishkin mengembangkannya menjadi Moz, situs penyedia berbagai tools SEO seperti audit website, rank tracking, analisis backlink, hingga riset kata kunci. Status Fishkin yang 20 tahun lalu cuma ‘anak bawang’, kini dikenal sebagai pendiri kerajaan bisnis SEO sekaligus ahli digital marketing dunia. 

\\r\\n\\r\\n

Saat ini, Fishkin fokus membangun SparkToro, situs penyedia tools untuk melakukan riset pasar berkualitas.

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Rand Fishkin di:

\\r\\n\\r\\n

Blog: https://sparktoro.com/blog/

\\r\\n\\r\\n

LinkedIn:https://www.linkedin.com/in/randfishkin/

\\r\\n\\r\\n

Twitter: https://twitter.com/randfish

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Brian Dean

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Brian Dean dikenal sebagai ‘Si Jenius SEO’ sekaligus entrepreneur yang luar biasa. 

\\r\\n\\r\\n

Di tahun 2013, Dean mendirikan Backlinko, blog marketing yang saat ini menyentuh angka lebih dari 3 juta pengunjung setiap tahunnya. The Huffington Post bahkan merekomendasikan Backlinko sebagai ‘sumber pengetahuan SEO’. Bisa dibilang, Dean saat ini sukses menempuh karier sebagai ahli digital marketing. Padahal, jauh sebelum itu, ia merupakan kandidat doktor di bidang Ilmu Gizi dan Nutrisi!

\\r\\n\\r\\n

Lima tahun sebelum membangun Backlinko, Dean keluar dari program doktornya dan mengambil pekerjaan sebagai ahli diet. Di samping itu, ia juga memulai bisnis sebagai penjual e-book. 

\\r\\n\\r\\n

Namun, karena waktunya banyak tersita di pekerjaan utama, ia akhirnya mempekerjakan penulis lepas untuk membantunya menulis. Sayangnya, kualitas tulisan mereka jauh di bawah ekspektasi sehingga Dean tergerak untuk menulis sendiri. Ia akhirnya meninggalkan dunia kesehatan dan menjadi penulis lepas. Ia juga mempelajari SEO dan perlahan menguasainya, hingga menjadi salah satu pakar digital marketing dunia saat ini. 

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Brian Dean di:

\\r\\n\\r\\n

Youtube: https://www.youtube.com/user/backlinko

\\r\\n\\r\\n

Blog: https://backlinko.com/

\\r\\n\\r\\n

LinkedIn:https://www.linkedin.com/in/brianedean/

\\r\\n\\r\\n

Twitter: https://twitter.com/Backlinko

\\r\\n\\r\\n

 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Gary Vaynerchuk

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Tak lengkap rasanya jika membicarakan ahli digital marketing tanpa menyebut nama yang satu ini, Gary Vaynerchuk atau Gary Vee. 

\\r\\n\\r\\n

Dengan lebih dari 30 juta pengikut di seluruh media sosialnya, Gary menjadi salah satu pakar digital marketing yang petuahnya paling sering didengar. Ia membangun kerajaan bisnisnya, VaynerX, melalui digital marketing. Gary juga memberikan banyak informasi seputar digital marketing dan kehidupannya sebagai CEO lewat konten DailyVee. 

\\r\\n\\r\\n

Ia dikenal dapat memahami tren dan pola lebih dulu daripada yang lain. Informasi yang ia berikan membantu pengikutnya melihat dampak apa yang akan terjadi di pasar dan perilaku konsumen kedepannya. Untuk menyimpulkan, Gary mengerti cara untuk menyesuaikan relevansi bisnis pada berbagai tren. Kemampuan menakjubkannya ini jelas tidak diperolehnya hanya dalam satu-dua tahun berbisnis. 

\\r\\n\\r\\n

Di akhir dekade 90-an, Gary telah mencium potensi besar internet. Jerih payahnya dalam mengubah sistem pemasaran bisnis wine sang ayah terbayar ketika bisnis tersebut menjadi salah satu e-commerce pertama di AS. Gary memanfaatkan seluruh aspek digital marketing, mulai dari pembuatan konten, email marketing, hingga Google AdWords. Berkat itu semua, ia sukses meningkatkan penjualan dari 3 juta dolar menjadi 60 juta dolar. 

\\r\\n\\r\\n

Saat ini, Gary mengepalai VaynerMedia, agensi periklanan yang memiliki kantor di New York, Los Angeles, London, dan Singapura. Ia juga merupakan investor ulung untuk perusahaan sekelas Facebook, Twitter, Tumblr, Snapchat, hingga Uber. Maka bisa dibilang, Anda belum belajar digital marketing jika belum tahu siapa pakar digital marketing yang satu ini. 

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Gary Vee di:

\\r\\n\\r\\n

Facebook: https://www.facebook.com/gary

\\r\\n\\r\\n

Youtube:https://www.youtube.com/garyvee/

\\r\\n\\r\\n

Instagram: :https://www.instagram.com/garyvee/

\\r\\n\\r\\n

Twitter: https://twitter.com/garyvee

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Ann Handley

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Dikenal sebagai Chief Content Officer pertama di dunia, Ann Handley juga merupakan pendiri MarketingProfs, firma pelatihan marketing bagi perusahaan-perusahaan dunia. IBM bahkan menyebut Handley sebagai satu dari 7 orang yang membentuk lanskap marketing modern. Latar belakang Handley yang merupakan penulis menuntunnya hingga memperoleh status sebagai ahli digital marketing. 

\\r\\n\\r\\n

Memulai karier di bidang jurnalistik pada tahun 1985, Handley merasakan potensi digital marketing di akhir dekade ‘90-an. Oleh karena itu, di tahun 1997, Handley memutuskan untuk berpindah haluan dan mendirikan Clickz, situs referensi belajar digital marketing. Tiga tahun kemudian, ia memperoleh Rp 231 miliar dari penjualan Clickz.

\\r\\n\\r\\n

Dalam setiap kesempatan, Handley selalu berpesan bahwa seseorang tidak akan pernah bisa menjadi marketer yang baik jika tidak menulis. Maka sebagai pakar digital marketing, ia mendorong siapa pun yang ingin menjadi marketer untuk menulis. 

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Ann Handley di:

\\r\\n\\r\\n

Website: https://annhandley.com/

\\r\\n\\r\\n

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/annhandley/

\\r\\n\\r\\n

Twitter: https://twitter.com/MarketingProfs

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Steven Bartlett

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Bartlett merupakan pendiri sekaligus CEO Social Chain, salah satu agensi media sosial terbesar di Eropa, bahkan dunia. Dibentuk pertama kali pada tahun 2014, Bartlett sukses memimpin agensinya hingga nilai valuasi Social Chain berada di angka 200 juta euro, atau setara Rp3,5 triliun di tahun 2019. 

\\r\\n\\r\\n

Tangan dingin Bartlett sukses menangani klien-klien besar seperti Spotify, Microsoft, Puma, hingga Coca Cola. Ahli digital marketing asal Inggris ini meramu kampanye media sosial terbaik demi mendapat perhatian publik. 

\\r\\n\\r\\n

Namun, siapa sangka kalau Bartlett masih berumur 28 tahun!

\\r\\n\\r\\n

Ini karena ia memulai kehidupan sebagai CEO dan entrepreneur di usia yang terbilang belia: 21 tahun. Saat itu, ia bersama rekannya, Dominic McGregor, memutuskan berhenti kuliah demi mengeksekusi rencana mereka, yaitu mendirikan Social Chain. Maka jika dihitung, cuma perlu tujuh tahun bagi Bartlett buat merengkuh titel pakar digital marketing!

\\r\\n\\r\\n

Kesuksesan Bartlett dan Social Chain berpedoman pada dua unsur: budaya (culture) dan kreativitas (creativity). Dalam setiap kampanye marketing, Bartlett selalu memadukan kedua unsur tersebut demi menciptakan daya jangkau yang luas serta membangun awareness pada jutaan orang. 

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Steven Bartlett di:

\\r\\n\\r\\n

Website: https://www.stevenbartlett.com/

\\r\\n\\r\\n

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/steven-bartlett-56986834/

\\r\\n\\r\\n

Instagram: https://www.instagram.com/steven/

\\r\\n\\r\\n

Twitter: https://twitter.com/SteveBartlettSC

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Piotr Jakubowski

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Nama ini sama sekali tidak lekat dengan nama khas orang Indonesia. Tapi siapa yang menyangka, Piotr lahir dan dibesarkan di Indonesia. 

\\r\\n\\r\\n

Bagi Anda yang mengetahui nama ini, tentunya tidak perlu heran karena Piotr adalah eks Chief Marketing Officer (CMO) Go-Jek periode 2016 hingga 2018 lalu. 

\\r\\n\\r\\n

Sebagai pakar brand dan kepala divisi marketing, Piotr berkontribusi terhadap terbentuknya image Go-Jek sebagai brand ojek daring lokal terdepan serta menjadikannya sebagai yang terbesar di Indonesia. Selama menjadi CMO, ia juga sukses meningkatkan pertumbuhan bisnis Go-Jek: dari 20 juta download ke 100 juta download. Peningkatan angka tersebut adalah salah satu bukti nyata menyatunya story brand Go-Jek dengan jutaan pelanggannya. 

\\r\\n\\r\\n

Dikenal sebagai content marketer ulung, kunci sukses Piotr ada tiga, yakni: (1) menentukan target pasar secara spesifik, (2) membuat konten yang bernilai, dan (3) menetapkan visi yang jelas untuk brand. Saat ini, Piotr memegang jabatan Chief Growth Officer di Nafas, pengembang aplikasi kualitas udara untuk wilayah Jakarta. 

\\r\\n\\r\\n

Anda bisa mengunjungi Piotr Jakubowski di:

\\r\\n\\r\\n

Website: https://www.piotrj.com/

\\r\\n\\r\\n

LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/piotrj/

\\r\\n\\r\\n

Twitter:https://twitter.com/piotrj

\\r\\n\\r\\n

Itulah ketujuh ahli digital marketing yang dapat menjadi inspirasi belajar Anda. Ada yang ahli di SEO, media sosial, hingga content marketing. Ada pula pakar digital marketing yang serba bisa. Keahlian yang berbeda-beda ini sangat wajar karena cakupan digital marketing yang begitu luas. Oleh karena itu, Anda bisa mulai belajar dari mana saja, tergantung kebutuhan Anda. Sebagai marketing partner, Established Jakarta juga siap membantu untuk mengembangkan bisnis Anda, apa pun itu. Dengan tailored marketing strategy, kami akan mempersiapkan strategi pemasaran yang paling tepat dan efektif untuk bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Established Jakarta, silakan hubungi kami melalui halaman Contact Us

Up Next

Ahli Digital Marketing dengan tips trik yang menarik
Read More
Ahli Digital Marketing dengan tips trik yang menarik
Read More
Ahli Digital Marketing dengan tips trik yang menarik
Read More