Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

17.02.2022

Noberta Ellen

Mempelajari suatu bahasa merupakan hal yang perlu dilakukan untuk menunjang komunikasi. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak luput dari komunikasi baik dalam kehidupan sehari-hari. Keahlian berbahasa merupakan komponen penting yang dapat mempengaruhi kualitas komunikasi.

\\r\\n\\r\\n

Salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan dengan mahir berbahasa Inggris adalah untuk meningkatkan karir Anda. Terlebih di era yang serba digital ini, Anda diharuskan untuk berpacu dengan beragam teknologi baru yang notabene berasal dari mancanegara sehingga memerlukan pengetahuan mengenai bahasa Inggris. Selain itu bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan menguasai bahasa Inggris, pastinya Anda dapat lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang asing

\\r\\n\\r\\n

Bagi sebagian dari Anda, bahasa Inggris mungkin bukan merupakan suatu hal yang baru. Anda mungkin juga sering melihat berbagai film dan mendengar lagu bahasa Inggris. Dalam mempelajari suatu bahasa, Anda perlu mempelajarinya lebih dari sekedar mengetahui artinya. Karena suatu bahasa sendiri memiliki cakupan yang luas, Anda perlu mempelajarinya secara terstruktur.

\\r\\n\\r\\n

Mulai belajar bahasa Inggris secara terstruktur bukanlah suatu hal yang rumit. Anda hanya perlu mengetahui empat skill utama yang harus Anda kuasai untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda secara keseluruhan. Dengan memperhatikan keempat skill ini, Anda dapat dengan lebih mudah memantau perkembangan kemampuan Anda. Keempat skill tersebut adalah listening, speaking, reading, dan writing.

\\r\\n\\r\\n

Listening

\\r\\n\\r\\n

Mendengarkan adalah awal yang baik untuk mulai belajar dan merupakan hal penting sebelum kita melanjutkan pembelajaran ke jenjang berikutnya. Dengan mendengarkan, Anda bisa memperkenalkan hal-hal baru kepada diri Anda, sekaligus mempelajari bagaimana aksen pengucapan bahasa Inggris yang baik. 

\\r\\n\\r\\n

Untuk meningkatkan listening skill, Anda bisa coba menonton film atau video dalam bahasa Inggris. Namun kali ini cukup fokus ke pelafalan aktor tersebut saat berbicara. Anda bisa memperhatikan cara mereka berucap, pilihan kata yang digunakan, dan tentu saja aksen yang baik. Jangan lupa matikan subtitle film supaya listening skill Anda lebih terasah maksimal. 

\\r\\n\\r\\n

Speaking

\\r\\n\\r\\n

Setelah mendengarkan, kita bisa mempraktekan apa yang kita dengar itu untuk meningkatkan skill speaking. Anda perlu meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris, terutama ketika memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan. Anda perlu mempelajari cara untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan baik. 

\\r\\n\\r\\n

Untuk melatih skill ini, Anda bisa memulainya dengan menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan ringan sehari-hari dengan keluarga maupun teman. Namun jika merasa belum percaya diri untuk langsung berkomunikasi dengan orang lain, Anda bisa melatihnya sendiri secara monolog di depan kaca. Cara ini dapat membuat Anda terbiasa dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. 

\\r\\n\\r\\n

Reading

\\r\\n\\r\\n

Reading skill atau membaca juga tidak kalah pentingnya. Dengan membaca kita bisa mendapat banyak info dan pengetahuan. Melatih skill ini juga dapat diawali dengan membaca artikel ataupun berita dalam bahasa inggris. Semakin sering kita membaca maka akan terbiasa untuk memahami arti dari tulisan bahasa Inggris dengan cepat, dan juga dapat memperkaya pengetahuan kosakata dalam bahasa Inggris. 

\\r\\n\\r\\n

Selain membaca artikel dalam bahasa Inggris, mengubah pengaturan ponsel dan aplikasi yang biasa Anda gunakan juga dapat membantu meningkatkan reading skill. Jika sebelumnya Anda masih terbiasa dengan bahasa Indonesia, kini saatnya mulai beralih ke bahasa Inggris. Mungkin perubahan ini akan membingungkan bagi sebagian orang namun langkah kecil ini dapat memberikan dampak yang besar dalam perkembangan reading skill.

\\r\\n\\r\\n

Writing

\\r\\n\\r\\n

Meningkatkan writing skill dapat dimulai dengan berlatih menulis satu atau dua kalimat Bahasa Inggris. Dalam menulis juga kamu perlu memperhatikan grammar. Grammar merupakan struktur untuk menyempurnakan suatu kalimat. Dengan memahami grammar, kita dapat meningkatkan kualitas dari tulisan. Grammar dan berbagai aturan tata bahasa lain bukanlah hal yang rumit dan dapat dipelajari. 

\\r\\n\\r\\n

Anda juga dapat meningkatkan writing skill ini dengan mengaplikasikannya ke kehidupan sehari-hari, seperti menggunakan bahasa Inggris ketika berkirim pesan dengan rekan Anda. Hal ini dapat membuat anda lebih fleksibel dalam pemilihan kata dan kosakata bahasa Inggris. 

\\r\\n\\r\\n

Empat hal di atas merupakan skill utama yang mampu membantu Anda untuk menyempurnakan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Anda dapat memulainya dari bagian yang menarik, karena ketertarikan pada suatu hal dapat mempermudah proses belajar. Berbagai platform kini juga tersedia untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris. Online course merupakan salah satu sarana yang dapat membantu menuntun anda untuk belajar bahasa Inggris. Materi dalam online course tentunya sudah disesuaikan supaya mudah dipahami oleh berbagai kalangan, dan juga disiapkan oleh pengajar ahli yang memang mumpuni di bidangnya. Online course juga bersifat fleksibel dan merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mengisi waktu luang Anda. 

\\r\\n\\r\\n

Established Jakarta sebagai digital marketer, percaya bahwa belajar adalah sebuah proses yang diperlukan apalagi di era digital ini. Oleh karena itu kami menyediakan sarana untuk belajar online untuk Anda yang ingin mulai belajar bahasa Inggris dari sekarang. Online course bahasa Inggris ini dapat Anda akses di Udemy. Sekali lagi, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Mari manfaatkan waktu sebaik mungkin dan segera daftarkan diri Anda!

Up Next

Pentingnya anda mempelajari Bahasa Inggris
Read More
Pentingnya anda mempelajari Bahasa Inggris
Read More
Pentingnya anda mempelajari Bahasa Inggris
Read More