5 Alasan Anda Wajib Pakai Instagram Shopping (+5 Brand Lokal Sukses di IG Shopping)

16.02.2022

Fauzan Hanif

Instagram Shopping telah hadir di Indonesia sejak Oktober 2020. Namun, pada saat itu, banyak orang yang menganggap Instagram Shopping tidak praktis untuk berbelanja dan malah mengganggu tampilan antarmuka Instagram.

\\r\\n\\r\\n

“Ah, lebih gampang belanja langsung di marketplace!” 

\\r\\n\\r\\n

“Ini kok fitur notification-nya pindah ke atas segala… emangnya kita mau belanja di Instagram apa?”

\\r\\n\\r\\n

… dan masih banyak celotehan bernada serupa ketika Instagram Shopping baru dirilis.

\\r\\n\\r\\n

Lambat laun, Instagram Shopping menjawab keraguan tersebut. Data terbaru dari Instagram menyebutkan bahwa 70 persen penggemar belanja telah beralih ke Instagram untuk mencari produk. Di Indonesia sendiri, sebanyak 88 persen pengguna Instagram berharap dapat lebih sering melakukan Live Shopping di tahun ini. Bahkan, beberapa brand lokal sukses membangun bisnisnya berkat Instagram Shopping. Nah, sebelum membahas mereka, ada baiknya kita ketahui dulu mengapa Anda harus menggunakan Instagram Shopping.

\\r\\n\\r\\n

5 alasan Anda wajib menggunakan Instagram Shopping

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Memudahkan dan menyederhanakan alur belanja audiens 

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Lihat, ketuk, belanja. Sesederhana itu. 

\\r\\n\\r\\n

Dengan menggunakan Instagram Shopping, artinya Anda telah memudahkan pelanggan untuk menelusuri varian produk, mengetahui manfaat beserta harganya, hingga diakhiri dengan pembelian. Layaknya ‘etalase toko online’, Instagram Shopping memudahkan calon konsumen  untuk mencari produk yang dibutuhkan. Dan semua ini terjadi hanya dalam satu platform. 

\\r\\n\\r\\n

Tag produk Anda di foto, video, dan story agar audiens dapat melihat produk Anda secara detail dan meningkatkan minat mereka untuk membeli produk Anda. Ketika buyers journey menjadi lebih singkat dan sederhana, bukan cuma pelanggan saja yang untung, bukan? Anda juga akan lebih cepat mendapatkan profit dari penjualan di toko Anda.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Mendekatkan diri dengan audiens yang lebih luas = calon pelanggan di masa depan 

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Ada 87 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia dan terus bertambah setiap hari. Dari angka tersebut, Anda bisa menargetkan siapa saja yang akan berbelanja di toko Anda, lalu  mengajak mereka mengelilingi katalog produk di Instagram Shopping. Mungkin mereka tidak langsung follow Anda, tapi fitur Save jelas akan mereka manfaatkan. Fitur Save akan memudahkan pengguna untuk menyimpan postingan sehingga ketika mereka siap melakukan pembelian, mereka akan kembali dengan mudah ke postingan Instagram Shopping Anda.

\\r\\n\\r\\n

Nah, agar produk Anda mendapat Save dari audiens, buatlah deskripsi yang rinci dan visual yang apik dari setiap produk yang Anda jual. Tumbuhkan minat mereka untuk berbelanja di  melalui Instagram Shopping Anda.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Tidak perlu template khusus. Anda bebas berkreasi!

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Tidak seperti situs atau aplikasi e-commerce lain, Instagram Shopping tidak memiliki template yang harus Anda ikuti dalam mengunggah foto produk. Artinya, Anda bisa berkreasi sesuka hati dalam menciptakan foto, video, dan story produk. Inilah yang dinamakan visual marketing, yakni penggunaan gambar dan video yang memikat untuk menarik dan melibatkan pelanggan serta mengarahkan konversi. Selain menjadi tren marketing terkini, memaksimalkan visual marketing tentunya dapat meningkatkan penjualan. Ini karena perpaduan visual produk yang menawan jelas akan membuat orang lebih tertarik untuk membeli suatu barang. 

\\r\\n\\r\\n

Satu hal yang harus Anda pegang: konsistensi. Pertahankan perspektif yang disukai pengikut Anda. Ajak audiens untuk tidak sekadar mengenal produk, tetapi juga gaya unik dari setiap postingan brand Anda. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Meningkatkan engagement, traffic website, hingga konversi penjualan

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Salah satu keunggulan lain dari penggunaan Instagram Shopping adalah meningkatkan engagement pengguna dan penjual. Ini karena ketika pengguna masih ingin bertanya lebih lanjut terkait produk Anda, mereka bisa berkomunikasi dengan Anda melalui DM atau komentar postingan. Inilah yang akan meningkatkan interaksi akun Anda dengan calon pembeli sekaligus menjaga hubungan baik dengan mereka.

\\r\\n\\r\\n

Karena kebijakan Instagram Shopping yang belum mengizinkan Indonesia untuk langsung melakukan transaksi langsung di Instagram, umumnya toko online di Instagram akan langsung mengarahkan pengguna ke website mereka. Ini justru menjadi keunggulan tersendiri dari Instagram Shopping. 

\\r\\n\\r\\n

Begitu mereka mengklik tombol “Lihat di Situs Web”, maka jumlah pengunjung atau traffic website toko online Anda juga akan meningkat. Selain sebagai syarat membuka Instagram Shopping, adanya website dari sebuah bisnis secara langsung juga membuktikan bahwa bisnis Anda terpercaya dan ‘bukan kaleng-kaleng’. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Instagram Shopping menyediakan banyak cara untuk promosi produk

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Dari postingan hingga story. Dari Live Shopping hingga Shopping Ads. Ada banyak cara promosi yang dapat Anda lakukan melalui Instagram Shopping. Anda bahkan bisa bekerja sama dengan influencer untuk meningkatkan jangkauan audiens terhadap toko maupun produk Anda.

\\r\\n\\r\\n

Penggunaan jasa influencer juga akan memberikan dampak yang jauh lebih besar karena produk Anda akan dilihat oleh followers influencer tersebut. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih influencer yang tepat untuk produk dan target bisnis Anda.

\\r\\n\\r\\n

Tentu saja, menunjukkan tetek bengek teori tanpa praktek sama artinya dengan percuma. Nah, seperti yang sudah kami janjikan, selanjutnya kami akan membahas beberapa contoh brand lokal yang sukses memanfaatkan Instagram Shopping dalam strategi marketing mereka. Yuk simak di bawah!

\\r\\n\\r\\n

Butuh inspirasi? Ini 5 brand lokal yang berjaya dengan Instagram Shopping

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Livehaf 

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Brand clothing line lokal yang berdiri sejak 2015 ini menggunakan fitur Instagram Shopping di hampir setiap postingannya. Livehaf, yang menjual produk fashion mulai dari kaus, sweater, celana chino, hingga sepatu, memadukan visual ciamik produk mereka dengan fitur Instagram Shopping. Selain itu, caption yang mereka gunakan juga terkesan tidak kaku dan dekat dengan pengguna sehingga mereka tak segan untuk berkomentar sekaligus meningkatkan interaksi Livehaf dengan konsumennya. Contohnya, postingan mereka yang satu ini. 

\\r\\n\\r\\n

Didukung dengan foto sepatu yang bagus dan caption yang menarik, postingan tersebut sukses mendapatkan ratusan komentar dari audiens. Dan pastinya, banyak di antara mereka yang kemudian membeli produk tersebut melalui Instagram Shopping. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    WOODKA

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Merek jam tangan kayu premium asal Bandung ini juga konsisten menggunakan fitur Instagram Shopping di setiap postingannya. Namun, WOODKA tidak sekadar mengunggah foto produk. 

\\r\\n\\r\\n

Seperti yang terlihat di atas, WOODKA membuat konsep yang sangat matang dalam setiap postingan ‘jualan’ mereka. Ada cerita yang mereka berikan kepada audiens sambil menyelipkan produk jam tangan premium mereka dalam cerita tersebut. Jadi, selain berjualan, Anda juga dapat memberikan otentisitas brand Anda, seperti yang WOODKA lakukan dengan konsep postingan mereka.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Guteninc

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Brand fashion yang eksis sejak 2011 ini memiliki strategi yang cukup berbeda dengan dua brand sebelumnya. Guteninc menjadi contoh bagaimana brand lokal mampu bekerja sama dengan influencer. Tidak hanya satu, tapi banyak! Di antara influencer yang pernah berkolaborasi dengan Guteninc adalah Fiki Naki, Chef Juna Rorimpandey, hingga Anya Geraldine.

\\r\\n\\r\\n

Seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, penggunaan jasa influencer akan memberikan dampak yang besar. Ini karena influencer memiliki jumlah followers yang terbilang banyak. Chef Juna punya 1,2 juta followers, Fiki Naki memiliki 2,7 juta followers, sedangkan Anya punya 8,5 juta followers. Bisa Anda bayangkan bukan, berapa juta orang yang kemudian mengetahui brand Guteninc berkat para influencer tersebut?

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Bigmo.id

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Sebelumnya telah kami jelaskan, bahwa dalam membuat sebuah akun dengan Instagram Shopping, Anda harus mempertahankan perspektif yang disukai followers serta mengajak mereka untuk mengenal gaya unik dari postingan brand Anda.

\\r\\n\\r\\n

Inilah yang diterapkan Bigmo.id, brand tas lokal yang mengusung #AccompanyMe sebagai tagline unggulan. Mereka konsisten menggunakan palet warna mute sebagai latar foto produk. Selain itu, Bigmo.id juga memadukannya dengan foto ilustrasi penggunaan tas, seperti saat jalan bareng bersama teman-teman atau pergi berdua bersama pacar.

\\r\\n\\r\\n

Konsistensi gaya yang ditampilkan Bigmo.id di feed Instagram membuat audiens terpikat dan akhirnya mulai berinteraksi di kolom komentar sehingga meningkatkan engagement. Selanjutnya, audiens tentunya akan mengetuk “Lihat Produk” yang merupakan fitur Instagram Shopping dan digiring untuk melakukan transaksi di website Bigmo.id. Tertarik mencoba taktik ini?

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  1. \\r\\n

    Topscoresport

    \\r\\n
  2. \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Anda mempunyai bisnis sepatu? Topscoresport dapat menjadi referensi Anda dalam memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Dengan spesialisasi bisnis di sepatu dan aksesoris olahraga, Topscoresport mengemas postingan Instagram Shoppingnya dengan style yang tegas, berani, dan sedikit kocak. Tidak hanya sekali-dua kali saja, karena mereka terus mempertahankan gaya postingan agar tampil konsisten. 

\\r\\n\\r\\n

Satu hal yang juga menjadi catatan penting dari Topscoresport adalah spesialisasi sekaligus diversifikasi produk. ‘Sepatu olahraga’ yang dimaksud Topscoresport adalah semua jenis sepatu olahraga. Mulai dari sepatu futsal, sepatu sepak bola, sepatu lari, hingga sepatu olahraga untuk anak-anak dan perempuan tersedia di toko tersebut. Semuanya juga mendapat tempatnya masing-masing di postingan Instagram Shopping Topscoresport. 

\\r\\n\\r\\n

Jadi, setelah semua keunggulan dan referensi brand lokal di atas, Anda masih ragu menggunakan Instagram Shopping? Jangan khawatir, karena Established Jakarta siap membantu Anda untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda melalui tailored marketing strategy kami, baik dengan Instagram maupun berbagai media sosial lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Established Jakarta, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Us

Up Next

Memaksimalkan fitur Instagram Shopping untuk brand anda
Read More
Memaksimalkan fitur Instagram Shopping untuk brand anda
Read More
Memaksimalkan fitur Instagram Shopping untuk brand anda
Read More