Pentingnya Product Strategy Untuk Bisnis Anda

21.09.2021

Dynar Manggiasih

Tahukah Anda bahwa Play-Doh dirancang untuk menjadi produk pembersih, tapi kemudian anak-anak menggunakannya untuk bermain?

\\r\\n\\r\\n

Tidak semua kesuksesan sebuah produk berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan. Sebaliknya, Anda dapat memastikan kesuksesan produk dengan menciptakan strategi yang kuat untuk memandu pengembangannya.

\\r\\n\\r\\n

Apa Itu Product Strategy?

\\r\\n\\r\\n

Product strategy adalah rencana high-level yang menggambarkan apa yang ingin dicapai oleh bisnis dengan produknya, dan bagaimana rencana untuk melakukannya. Strategi harus menjawab pertanyaan kunci seperti siapa target market yang akan dilayani produk, bagaimana hal itu akan menguntungkan target market tersebut, dan tujuan perusahaan untuk produk tersebut sepanjang siklus hidupnya. 

\\r\\n\\r\\n

Tim akan menggunakan dokumen ini sebagai panduan dan rujukan saat mereka memiliki pertanyaan. Umumnya, pemilik bisnis akan mengacu pada product strategy setiap kali membuat keputusan besar. Jadi, penting untuk membuat strategi yang detail dan menyeluruh agar setiap tugas diselesaikan dengan benar dan tepat waktu.

\\r\\n\\r\\n

Product strategy menguraikan bagaimana produk akan menguntungkan sebuah bisnis. Termasuk menggambarkan masalah yang akan dipecahkan produk tersebut, dan dampaknya terhadap customer dan perusahaan. Strategi digunakan untuk membuat definisi produk, yang dapat menjelaskan apa yang akan dibangun dan kapan akan dilakukan. Product strategy ini kemudian menjadi sebagai dasar tolak ukur keberhasilan sebuah produk dari sebelum, selama, dan setelah produksi.

\\r\\n\\r\\n

Alasan Setiap Bisnis Perlu Memiliki Product Strategy

\\r\\n\\r\\n

Product strategy sangat penting dalam bisnis karena:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Sebagai Sumber Informasi yang Paling Jelas
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Product strategy merupakan sebuah dokumen yang berisi penjelasan jelas tentang sebuah produk. Dengan alasan ini, hal tersebut dapat jadi wadah komunikasi antar tim. Semua orang, baik dari tim developer hingga marketing, bisa memiliki persepsi yang sama karenanya. Tujuan besar dari produk juga tergambar dengan jelas. Sehingga tidak perlu lagi ada “salah fokus” saat sedang bekerja. Bisnis pun bisa berkembang dengan baik.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Membantu Penyusunan Product Roadmap
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Kadang product roadmap memiliki kesalahan prioritas, namun product strategy dapat mencegahnya. Hal ini karena dokumen tersebut berisi penjelasan tentang latar belakang pembangunan produk, dan dilengkapi dengan data kondisi pasar. Sehingga dapat dijadikan pedoman untuk menyusun product roadmap, atau pengembangan product strategy yang lebih teknis.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Membantu Pengambilan Keputusan
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Product strategy juga bisa membantu dalam menentukan prioritas saat mengambil keputusan. Jika suatu hari terjadi masalah pada produk tersebut, buka saja dokumen ini. Anda pun akan kembali mengingat tujuan utama sebuah produk diciptakan. 

\\r\\n\\r\\n

Komponen Product Strategy

\\r\\n\\r\\n

Sebuah product strategy memiliki tiga komponen yaitu:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Market Vision
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Market vision menjelaskan siapa yang akan menggunakan produk, dan apa peluang yang dapat dimanfaatkan bisnis Anda. Termasuk juga siapa target pasarnya, bagaimana Anda akan memposisikan produk tersebut, dan bagaimana tingkat persaingannya. Market vision juga harus mencakup rencana untuk masuk ke market, yang menjelaskan kebutuhan customer dan bagaimana Anda dapat memberikan penawaran yang kompetitif.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Product Goals
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Product goals adalah sasaran atau metrik spesifik yang akan dicapai sebagai hasil dari pembuatan produk. Hal ini akan memandu tim untuk mengukur kesuksesan setelah produk dirilis. Saat menetapkan tujuan, penting untuk menentukan batas waktu. Sehingga ada urgensi untuk sebaik mungkin melakukan semua strategi, agar berhasil mencapai target pada waktu yang telah ditentukan.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Product Initiative
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Product initiative mirip dengan product goals, tetapi lebih konseptual. Bisa juga dipahami sebagai ide atau gambaran tren besar yang akan dipengaruhi sebagai hasil dari produk baru Anda. 

\\r\\n\\r\\n

Tipe-Tipe Product Strategy

\\r\\n\\r\\n

Berikut ini adalah beberapa tipe product strategy yang dapat digunakan oleh bisnis Anda:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Cost Strategy
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Cost strategy fokus pada penciptaan produk terbaik dengan harga terendah, dengan menilai sumber daya yang digunakan, dan menentukan di mana uang dapat disimpan selama produksi. Tipe ini adalah strategi yang berguna untuk pembelian yang mudah dilakukan, seperti barang-barang pembersih rumah tangga. Kebanyakan customer tidak terlalu banyak berpikir saat membelinya. Karena semua produk jenis ini pada dasarnya sama, dan biasanya customer tidak memiliki loyalitas terhadap merek tertentu. Jadi untuk industri ini, jika Anda dapat membuat produk yang lebih murah dengan manfaat yang sama, maka akan ada banyak customer yang menyukainya.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Differentiation Strategy
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Harga bukanlah akhir segalanya untuk membedakan produk Anda. Masih ada banyak cara lain untuk membuatnya menonjol dibanding produk sejenis. Misalnya produk mewah yang menggunakan bahan terbaik, atau menggunakan teknologi terbaru yang belum ada di produk pesaing. Apa pun itu, pendekatan ini berfokus untuk memberikan produk Anda kepribadian berbeda, sehingga mudah diingat oleh customer.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Focus Strategy
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Jika perusahaan Anda memiliki basis customer yang besar, mungkin Anda ingin membuat produk yang menarik bagi satu persona pembeli tertentu. Strategi ini efektif karena menargetkan kebutuhan sekelompok orang terpilih, dan menciptakan solusi yang dipersonalisasi untuk mereka. Sebuah cara yang bagus untuk mendapatkan brand loyalty sekaligus mendapatkan customer baru.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Quality Strategy
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Terkadang apa yang dapat membedakan sebuah produk dari pesaing adalah pencetus dan brand di baliknya. Quality strategy fokus pada customer yang mencari produk dengan kualitas terbaik di pasar. Harga secara alami akan dipatok tinggi untuk mengimbangi pasokan yang dibutuhkan dalam produksi, tapi hal tersebut tidak akan mengurangi minat customer untuk membelinya. Jika diakui sebagai kemewahan, sejumlah customer akan berusaha keras untuk membayarnya, jika mereka yakin itu sepadan dengan investasinya.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • Service Strategy
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Banyak customer mungkin mencari produk tertentu, tetapi akan menentukan pilihan berdasarkan layanan pelanggan yang disediakan oleh perusahaan yang menjualnya. Perusahaan yang menggunakan penawaran layanan luar biasa untuk menarik pelanggan, tentu memahami betapa berharganya reputasi tersebut. Dengan memberikan respon cepat dan layanan purna jual yang lebih baik, brand loyalty di pasar mana pun dapat dibangun dan bertahan lama.

\\r\\n\\r\\n

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai product strategy, product management, dan pengetahuan lainnya seputar pengembangan produk. Ikuti kelas online “Belajar Product Management Lengkap / Kursus Produk Manajer” dari Established Jakarta di platform Udemy. Dapatkan harga promo Rp. 129.000 sampai 2 September. Tunggu apa lagi, daftarkan diri Anda sekarang!

Up Next

Strategi agar bisnis anda senantiasa meningkat
Read More
Strategi agar bisnis anda senantiasa meningkat
Read More
Strategi agar bisnis anda senantiasa meningkat
Read More