Optimasi Hashtag untuk Media Sosial

17.02.2022

Noberta Ellen

Tingginya aktivitas media sosial di masa kini membuat banyak orang berlomba-lomba mengoptimalkan media sosial yang ada untuk berbagai tujuan, mulai dari sebatas mengisi waktu luang sampai berbisnis. Berbagai komponen yang ada pada media sosial akhirnya menjadi hal yang harus dimanfaatkan dengan baik. Salah satu komponen yang sering diperbincangkan adalah ‘Hashtag’.

\\r\\n\\r\\n

Hashtag atau tagar, dapat kita jumpai di berbagai media sosial. Hashtag merupakan kata kunci yang memiliki fungsi utama menjadi ‘label’ supaya konten lebih mudah ditemukan oleh target yang sesuai. Selain itu, hashtag juga dapat memperluas jangkauan dari sebuah konten. Dengan kata lain, jika berhasil memanfaatkan hashtag dengan baik, maka konten dapat dilihat oleh banyak orang. Tapi apakah hashtag betul-betul efektif untuk meningkatkan jangkauan konten Anda?

\\r\\n\\r\\n

Pro dan kontra mengenai hashtag sendiri masih sering menjadi perbincangan. Ada yang mengatakan kalau hashtag tidak memberikan pengaruh terhadap performa konten Anda tapi ada juga yang mengatakan kalau hashtag merupakan komponen yang terpenting dalam sebuah media sosial. Sebelum menentukan mana yang benar, mari kita bahas bagaimana sebaiknya menggunakan hashtag di media sosial.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Hashtag harus singkat dan relevan

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Hashtag dapat membantu orang mengingat suatu hal dan juga mempermudah pencarian. Jika terlalu panjang dan rumit maka penggunaan hashtag tidak akan memberikan hasil efektif. Karena hashtag merupakan kata kunci, maka audiens cenderung akan menggunakannya untuk melakukan pencarian terhadap suatu pokok bahasan atau tema tertentu. Jika kata kuncinya saja sudah rumit, maka akan kecil kemungkinan orang dapat mengingat hashtag tersebut tersebut. Hashtag juga harus memberikan informasi yang sesuai dengan isi konten secara keseluruhan dalam satu atau dua kata. Hal ini akan membantu media sosial dalam pengkategorisasian konten. 

\\r\\n\\r\\n

Katakanlah Anda ingin mengupload konten mengenai kecantikan dan kesehatan dalam sebuah akun Instagram. Karena dua konten ini memiliki pembahasan yang berbeda, Anda bisa menambahkan hashtag #ngobrolcantik untuk konten kecantikan dan #bicarasehat untuk konten kesehatan. Hashtag tersebut dapat membantu audiens untuk menemukan konten Anda yang ingin mereka ketahui. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Manfaatkan hashtag yang sedang trending

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Tiktok akan menunjukkan berapa banyak orang yang menggunakan suatu hashtag. Jika hashtag tersebut banyak digunakan maka akan dikategorikan sebagai “trending hashtag”. Trending hashtag ini dapat diibaratkan sebagai sebuah forum besar, yang mana dihadiri oleh banyak orang. Dengan membuat konten yang sesuai dengan hashtag tersebut, maka akan memberikan lebih banyak peluang untuk menjangkau lebih luas karena banyaknya audiens yang hadir di forum tersebut. 

\\r\\n\\r\\n

Salah satu hashtag yang sempat trending di masa pandemi ini adalah #dirumahaja. Hashtag ini kemudian banyak digunakan orang untuk menunjukkan aktivitas yang mereka lakukan saat di rumah selama pandemi. Anda dapat memperluas jangkauan media sosial Anda dengan ikut membuat konten yang berhubungan dengan kegiatan di rumah, seperti tips memasak ataupun life hack lain yang menurut Anda menarik. Dengan begitu, konten yang Anda buat akan ditampilkan bersama dengan berbagai konten dengan hashtag #dirumahaja yang sedang menjadi perhatian banyak audiens saat itu. 

\\r\\n\\r\\n

Mungkin akan timbul pertanyaan mengapa sebuah konten tersebut harus disesuaikan dengan hashtag yang sedang trending? Bukankah bisa saja Anda menggunakan hashtag trending pada apapun konten yang Anda buat? Nyatanya, hal tersebut nantinya dapat mengurangi experience dari audiens dan juga konten bisa tidak sesuai dengan target. Selain itu juga dapat mempengaruhi kredibilitas Anda karena konten tersebut dapat dikategorikan sebagai spam. Audiens yang tidak menyukai konten Anda bisa saja melaporkan konten tersebut dan nantinya juga akan berimbas pada akun media sosial Anda. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Jangan menggunakan hashtag secara berlebihan

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Berdasarkan hasil riset dari Social Baker Study, penggunaan lebih dari 10 hashtag dapat menurunkan engagement hingga 62.8%. Untuk menghindari hal itu, kita bisa menyesuaikan jumlah penggunaan hashtag terhadap media sosial yang digunakan. 

\\r\\n\\r\\n

Berikut adalah beberapa media sosial dan jumlah hashtag yang direkomendasikan:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Twitter

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Karena keterbatasan karakter, disarankan untuk menggunakan maksimal 2 hashtag untuk setiap postingan di Twitter.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Facebook

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Untuk Facebook bisa menggunakan 2 hashtag, yang mana 1 hashtag merupakan hashtag yang relevan dan yang lainnya hashtag trending.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Instagram

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Instagram memungkinkan penggunanya untuk menggunakan 30 hashtag untuk setiap postingan. Namun untuk engagement yang lebih baik coba gunakan jangan lebih dari 9 hashtag untuk setiap postingannya.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Tiktok

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Gunakan 4 - 5 hashtag untuk menjangkau lebih banyak audiens. Anda juga bisa menggunakan hashtag yang sedang trending.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Lihat dulu hashtag sebelum digunakan

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Sebelum mencantumkan hashtag untuk konten Anda, ada baiknya meninjau setiap hashtag yang akan digunakan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah apakah hashtag tersebut digunakan pada konten yang relevan atau malah digunakan untuk konten yang negatif. Hashtag tertentu juga dibuat khusus untuk menjalankan suatu campaign atau promosi produk. Anda perlu memastikan terlebih dahulu hashtag yang hendak digunakan supaya konten Anda nantinya tergabung dalam hashtag yang tepat dan tidak ‘salah alamat’. Karena akan sangat disayangkan bila Anda membuat konten marketing namun hashtag yang Anda gunakan ternyata membuat konten anda berada pada kategori sosial. 

\\r\\n\\r\\n

Untuk media sosial tertentu seperti Twitter, Anda dapat menggunakan Twitter Analytics Tool untuk menentukan hashtag mana yang paling sesuai untuk digunakan. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Gunakan hashtag yang spesifik dan unik

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Untuk menjangkau audiens atau komunitas tertentu, konten Anda perlu menggunakan hashtag yang unik dan spesifik. Hashtag yang unik dan tidak sama seperti hashtag pada umumnya akan menarik perhatian lebih banyak audiens karena bisa menimbulkan rasa ingin tahu yang kemudian berujung pada mendatangi konten tersebut. Misalnya ketika kita ingin membuat hashtag untuk konten memasak. Anda bisa mempertimbangkan kata-kata yang dapat menarik perhatian daripada Anda hanya menggunakan kata ‘memasak’ itu sendiri.

\\r\\n\\r\\n

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kata ‘masakakhirbulan’ atau ‘yukbelajarmasak’. Kedua hashtag memiliki target yang spesifik yaitu audiens yang ingin hemat di akhir bulan dan juga audiens yang sedang belajar memasak. Dibandingkan dengan memakai kata memasak, audiens akan lebih mudah mengetahui isi dari konten tersebut dengan bantuan hashtag spesifik yang beda dari yang lain.

\\r\\n\\r\\n

Lagi-lagi, hashtag perlu disesuaikan dengan platform media sosial yang digunakan. Anda perlu untuk selalu update dengan informasi terbaru. Karena media sosial akan selalu berkembang, dan perkembangan itulah yang akan menjadi pedoman kita dalam menentukan hashtag yang baik untuk digunakan.

\\r\\n\\r\\n

Hashtag memang merupakan salah satu komponen di media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan jangkauan. Hashtag nyatanya dapat  memberikan pengaruh terhadap jangkauan konten Anda, tetapi bukanlah yang satu-satunya dapat melakukan hal itu. Keberhasilan sebuah konten di media sosial tidak bisa tercapai begitu saja hanya dengan mengandalkan satu aspek. Karena banyak kemungkinan yang dapat terjadi di media sosial dan yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk memaksimalkan seluruh aspek yang ada di media sosial. 

\\r\\n\\r\\n

Pembahasan mengenai hashtag kali ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan Anda dalam mengelola media sosial. Anda bisa memulai dengan mencoba hashtag mana yang tepat cocok untuk anda mengkategorisasikan konten yang buat guna memaksimalkan media sosial Anda. Established Jakarta sebagai marketing partner juga siap untuk membantu anda meningkatkan performa media sosial yang ingin Anda kembangkan. Kami dapat membantu Anda mengembangkan aset digital Anda sesuai kebutuhan Anda. Silahkan menghubungi kami melalui halaman Contact Us untuk informasi lebih lanjut.

Up Next

Bagaimana Hashtag dapat digunakan untuk meningkatkan Medsos anda
Read More
Bagaimana Hashtag dapat digunakan untuk meningkatkan Medsos anda
Read More
Bagaimana Hashtag dapat digunakan untuk meningkatkan Medsos anda
Read More