Alcatel-Lucent Enterprise: Meraih Profesionalisme Melalui Search Engine

17.02.2022

ESTB Team

“Meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic website untuk peluang leads yang lebih baik.”

\\r\\n\\r\\n

Alcatel-Lucent Enterprise (ALE) adalah perusahaan global yang menyediakan solusi komunikasi dan infrastruktur untuk membantu Anda terhubung dengan dunia digital. ALE menawarkan Unified Communication and Collaboration (UCC) untuk mendukung bisnis Anda bersaing di era digital. Tim ALE terdiri dari pakar teknologi, profesional, dan lebih dari 2.900 mitra yang telah melayani lebih dari 830.000 pelanggan di seluruh dunia.

\\r\\n\\r\\n

ALE menargetkan usaha kecil menengah dan membangun situs web untuk menawarkan solusi tepat yang sesuai dengan kebutuhan pasar UKM. Mereka berharap dapat memperoleh lead dari website melalui kegiatan pemasaran digital.

\\r\\n\\r\\n

Mengoptimalkan Kinerja Situs Web 

\\r\\n\\r\\n

Alcatel-Lucent Enterprise telah membuat situs web untuk pasar usaha kecil. Website ini digunakan untuk mempromosikan produk yang cocok untuk bisnis dalam skala tersebut. Namun, situs web tersebut belum dikelola, sehingga traffic-nya sangat rendah. Alcatel-Lucent Enterprise menunjuk Established Jakarta untuk mengelola situs web sehingga meningkatkan traffic dan mendatangkan calon pelanggan potensial.

\\r\\n\\r\\n

Di tahun 2018, kami fokus membangun konten dengan membuat artikel tentang pengetahuan produk secara umum. Karena produknya sendiri masih belum umum, kecuali bagi mereka yang bekerja di bidang terkait. Artikel yang kami buat diantaranya, perbedaan antara switch router dan hub dan cara kerja PABX. Saat kami melakukan pembuatan konten, kami juga mulai melakukan Search Engine Optimization (SEO) dan menargetkan kata kunci produk.

\\r\\n\\r\\n

Namun, karena SEO membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan hasilnya, kami juga melakukan Search Engine Marketing (SEM) untuk mendukung visibilitas merek di pencarian Google ketika orang mencari produk terkait.

\\r\\n\\r\\n

Untuk SEM, kami menyarankan Alcatel-Lucent Enterprise untuk menggunakan kata kunci dengan niat membeli seperti, “jual pabx, harga pabx”, dll. Dengan cara ini, kita dapat fokus untuk mendapatkan perhatian dari mereka yang benar-benar ingin membeli produk terkait. Sehingga dari sisi anggaran dapat lebih efisien.

\\r\\n\\r\\n

Strategi kampanye digital yang dilakukan pada tahun 2018 mampu menghasilkan nilai peluang lead sebesar $1.000.000.000. Hanya melalui SEO dan pembuatan konten, kami dapat mengembangkan 860 kata kunci organik dan memperoleh 3.511 traffic organik, yang berkontribusi 38% dari total prospek berkualitas di tahun pertama.

\\r\\n\\r\\n

Strategi Marketing dengan Anggaran Efisien

\\r\\n\\r\\n

Pada 2019, ada perubahan pada perilaku konsumen. Dari insight yang didapat, disebutkan bahwa:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    71% pelanggan B2B mencari pengalaman pelanggan B2C.

    \\r\\n
  • \\r\\n
  • \\r\\n

    70% pelanggan B2B mencari hubungan yang fleksibel dan berkelanjutan dengan provider.

    \\r\\n
  • \\r\\n
  • \\r\\n

    74% pelanggan B2B melakukan lebih dari setengah riset online mereka

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Dari insight tersebut, Established Jakarta membuat strategi baru di tahun 2019 untuk menghadirkan solusi bagi Alcatel-Lucent Enterprise. Kami menyarankan untuk melakukan perombakan situs web untuk me-refresh interface situs web, serta menyesuaikan konten (copywriting) untuk beranda, dan halaman solusi untuk memberikan informasi yang lebih baik tentang produk. Selain itu, kami juga membuat halaman produk dengan interface yang mirip dengan situs web e-commerce untuk membuat pengunjung lebih nyaman dalam menjelajahi situs web.

\\r\\n\\r\\n

Kemudian, karena lalu lintas situs web dari organik meningkat secara signifikan, di tahun kedua kami tidak menggunakan media ads lagi. Kami fokus meningkatkan kinerja SEO untuk membawa lebih banyak lalu lintas berkualitas ke situs web. Pada akhir tahun 2019, website ALE SMB memperoleh 25.870 total traffic organik atau meningkat 6 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, traffic organik menyumbang 90% dari prospek berkualitas di tahun kedua.

\\r\\n\\r\\n

Kesiapan Digital Membantu Menghadapi Disrupsi Mendadak

\\r\\n\\r\\n

Pada tahun 2020, pandemi COVID 19 datang dan mempengaruhi semua bisnis di semua industri. Semua bisnis dipaksa untuk mengubah cara mereka dalam melakukan dan memasarkan produk. Kegiatan pemasaran dan penjualan sangat bergantung pada digital. Untungnya, ALE sudah mengoptimalkan aset digital mereka jauh sebelum pandemi.

\\r\\n\\r\\n

Meski tentu saja situasi pandemi berdampak pada penjualan dan kebutuhan produk, karena banyak kantor yang menerapkan Work From Home (WFH), namun keberadaan brand itu sendiri tetap dipertahankan sebagai hasil SEO yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

\\r\\n\\r\\n

Perubahan kebutuhan produk membuat kami fokus untuk mempromosikan ALE-Rainbow, solusi komunikasi bisnis yang menawarkan alat kolaborasi yang ramah pengguna mulai dari suara hingga video, yang menghubungkan orang, mesin, dan proses. Sementara itu, optimasi search engine masih terus dilakukan. Hingga akhir tahun 2020, meskipun terjadi penurunan traffic di awal masa pandemi, total traffic website masih menunjukkan peningkatan sebesar 31,42% dibandingkan tahun 2019. Website juga mengembangkan 1,6k kata kunci organik, dan menghasilkan 38 peluang prospek.

Up Next

Optimalisasi Search Engine pada perusahaan ALE
Read More
Optimalisasi Search Engine pada perusahaan ALE
Read More
Optimalisasi Search Engine pada perusahaan ALE
Read More