JAPFA: Menghidupkan Brand Secara Digital

22.02.2022

ESTB Team

“Mengoptimalkan aset digital yang ada untuk menumbuhkan basis penggemar JAPFA dan terlibat melalui komunikasi yang relevan.”

\\r\\n\\r\\n

PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. adalah salah satu Perusahaan agri-food terbesar di Indonesia yang telah memproduksi protein hewani yang vital bagi bangsa sejak tahun 1975. Memasuki era digital, JAPFA mulai mengembangkan platform digital pada tahun 2016 dan mempertahankan aset digital mereka sejak saat itu. Memasuki tahun 2020, JAPFA ingin mengoptimalkan aset digital yang ada untuk menumbuhkan basis penggemar JAPFA dan terlibat melalui komunikasi yang relevan.

\\r\\n\\r\\n

Temuan Media Sosial

\\r\\n\\r\\n

Sebelum mulai mengembangkan strategi, Established Jakarta melakukan audit media sosial melalui semua aset JAPFA. Dari sana, kami menemukan bahwa JAPFA perlu memperkuat identitas korporatnya di lingkungan digital mereka dan peran masing-masing platform digital tidak didefinisikan dengan jelas. Menindaklanjuti temuan tersebut, kami mengembangkan persona untuk JAPFA secara digital yang diterjemahkan oleh strategi playbook media sosial dan mendefinisikan peran yang jelas pada setiap platform yang diterjemahkan ke dalam rekomendasi iklan media.

\\r\\n\\r\\n

Berkenalan dengan Amina & Sam

\\r\\n\\r\\n

Kami melakukan beberapa penelitian tentang cara untuk lebih engage dengan audiens, dan kami menemukan bahwa campaign yang menyertakan maskot 37% lebih berhasil untuk meningkatkan pangsa pasar daripada yang tidak. Hal ini karena maskot dapat membantu membangun dan menceritakan kisah mereka, dan membantu menciptakan hubungan emosional. Karena itu, kami membuat karakter fiksi bernama Amina &Sam.

\\r\\n\\r\\n

Sam adalah seorang petani milenial. Dia membiakkan sapi, ayam, dan ikan, tetapi dia juga seorang ahli teknologi yang selalu ingin berbagi cara terbaik untuk memelihara ternak dengan Anda melalui media sosial. Amina adalah ahli gizi JAPFA. Dia cerdas, berpengetahuan, suka memasak, dan saat ini sedang melakukan penelitian tentang protein untuk masa depan yang lebih cerah. Kedua karakter tersebut mewakili pesan yang ingin disampaikan JAPFA dan berhasil juga menumbuhkan likeability dari penonton.

\\r\\n\\r\\n

Hasilnya, JAPFA mendapatkan engagement rate 1,95% pada Januari 2020, meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya dimana rata-rata engagement rate pada 2019 hanya 0,35%. Hal ini menunjukkan bahwa kami berhasil meningkatkan likeability dan proximity antara JAPFA dengan audiensnya.

Up Next

Manajemen Platform Digital JAPFA
Read More
Manajemen Platform Digital JAPFA
Read More
Manajemen Platform Digital JAPFA
Read More