One Smile: Stand Out in The Crowd

07.03.2022

ESTB Team

“O2O Marketing Campaign Untuk Menarik Perhatian Pengguna Smartphone di BSD”

\\r\\n\\r\\n

Sinar Mas Land adalah pengembang properti terbesar dan paling beragam di Indonesia. Perusahaan ini dikenal dengan pengalamannya selama lebih dari 40 tahun di bidang pengembangan properti.

\\r\\n\\r\\n

Sinar Mas Land yang beroperasi di Indonesia, memiliki sekitar 10.000 hektar lahan strategis (per 2011) dengan berbagai project di pengembangan kota, township, residensial, komersial, ritel, kawasan industri, dan properti perhotelan, termasuk layanan terkait properti, tidak diragukan lagi merupakan perusahaan properti terbesar dan paling beragam di Indonesia.

\\r\\n\\r\\n

Terdiri dari dua perusahaan properti terdaftar yang dihormati: PT. Duta Pertiwi, Tbk dan PT. Bumi Serpong Damai, Tbk; keduanya memiliki kapitalisasi pasar yang mapan senilai lebih dari US$2 miliar.

\\r\\n\\r\\n

PT. Bumi Serpong Damai, Tbk sendiri telah mengembangkan BSD City, sebuah kota di dekat Jakarta yang dirancang untuk satu hal: orang-orang yang akan tinggal, bekerja, belajar dan bermain di sini.

\\r\\n\\r\\n

Mereka yang mendambakan kualitas hidup yang tak tertandingi dengan rumah yang nyaman, ruang bisnis, belanja, pendidikan, dan rekreasi, semuanya berkumpul untuk menyediakan lingkungan yang lebih baik dan lebih sehat untuk menumbuhkan keluarga dan karier.

\\r\\n\\r\\n

Kembali di tahun 2017, Sinar Mas Land membuat aplikasi mobile bernama One Smile, aplikasi mobile all-in-one yang dapat memenuhi semua kebutuhan warga BSD. Established Jakarta mengambil bagian sebagai marketing activator untuk meningkatkan akuisisi pengguna aplikasi seluler.

\\r\\n\\r\\n

Proses Peluncuran

\\r\\n\\r\\n

“Jika Anda Membangunnya, Mereka Akan Datang” adalah sebuah kutipan dari film Field of Dreams tahun 1989. Sayangnya, hal itu tidak berlaku untuk pengembangan aplikasi seluler. Menurut survei InMobi, tantangan nomor satu yang dihadapi pengembang aplikasi saat ini bukanlah desain atau pengembangan, tapi marketing. Tanpa marketing, bahkan aplikasi terbaik pun kesulitan dalam hal akuisisi dan penemuan pelanggan.

\\r\\n\\r\\n

Tujuan marketing adalah agar One Smile diakui sebagai solusi aplikasi terintegrasi seluler untuk Komunitas BSD. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Established Jakarta memisahkan proses peluncuran menjadi tiga fase campaign yaitu fase teaser, peluncuran, dan retensi.

\\r\\n\\r\\n

Setelah aplikasi seluler tersedia di Google Play dan App Store, kami membuat acara sosialisasi untuk tim penjualan internal, dengan tujuan memastikan setiap staf penjualan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang aplikasi tersebut. Untuk semakin menambah pengetahuan, kami juga melakukan sosialisasi melalui newsfeed SBU.

\\r\\n\\r\\n

Memasuki fase peluncuran, kami mengadakan acara konferensi pers untuk meningkatkan awareness publik tentang aplikasi seluler. Ada 57 media pers yang hadir dalam acara peluncuran OneSmile. Untuk mendukung konferensi pers tersebut, kami juga membuat siaran pers untuk materi publikasi. Selain itu, kami membuat video animasi tutorial yang disebarkan melalui berbagai media seperti media sosial dan LCD pada elevator Green Office Park.

\\r\\n\\r\\n

Selain itu, kami juga memperbesar hype peluncuran melalui saluran komunikasi lainnya seperti booth aktivasi di beberapa titik di BSD City, iklan Billboard, iklan Bus, direct mail dan SMS blast. Pada fase retensi, tujuan kami adalah untuk menjaga awareness sehingga kami membuat social media campaign dan melanjutkan kegiatan booth hingga akhir campaign.

\\r\\n\\r\\n

Hasilnya, dalam empat bulan masa campaign (Maret hingga Juli 2017) kami berhasil memperoleh 3.263 pengunduh dan 1706 Monthly Active Users (MAU). Klien sangat puas dan kolaborasi berlanjut.

\\r\\n\\r\\n

Fase 2

\\r\\n\\r\\n

Pada fase 2, kami mempertahankan awareness aplikasi seluler dengan melanjutkan beberapa marketing campaign seperti branding OOH (Billboard, JPO, iklan Bus, dll) dan aktivasi stan di beberapa tempat. Dengan campaign ini, kami berhasil mengumpulkan 2730 pengguna baru. Selain itu, kami juga melakukan survei feedback untuk membantu tim Sinar Mas Land membangun aplikasi seluler yang lebih baik di masa mendatang.

Up Next

Bagaimana Marketing Campaign membantu One Smile mencapai targetnya
Read More
Bagaimana Marketing Campaign membantu One Smile mencapai targetnya
Read More
Bagaimana Marketing Campaign membantu One Smile mencapai targetnya
Read More