TikTok Marketing: Kelebihan dan Tips Strategi untuk Brand

16.02.2022

Dynar Manggiasih

Siapa yang belum mengenal TikTok?

\\r\\n\\r\\n

Beberapa tahun terakhir, terutama sejak pandemi Covid-19, popularitas TikTok memang meningkat tajam. Media sosial besutan Zhang Yiming dari Cina ini kini tersedia di 155 negara serta memiliki pengguna aktif sekitar 689 juta akun di seluruh dunia, menurut data dari Hootsuite per Januari 2021.

\\r\\n\\r\\n

TikTok awalnya diluncurkan dengan nama Douyin pada September 2016 di Cina. Tahun 2017, aplikasi ini mulai diluncurkan oleh ByteDance dengan nama TikTok untuk pasar di luar Cina. TikTok dan Douyin menggunakan perangkat lunak yang sama, tetapi menggunakan jaringan terpisah untuk mematuhi batasan sensor China. 

\\r\\n\\r\\n

Pada akhir 2017, perusahaan induk TikTok, ByteDance, membeli Musical.ly. Hasil dari merger tersebut, TikTok kemudian memiliki akses yang mulus untuk menyasar pasar remaja Amerika Serikat yang sebelumnya dimiliki Musical.ly. Hingga saat ini pun, pengguna TikTok paling banyak berasal dari negeri Paman Sam tersebut.

\\r\\n\\r\\n

TikTok pun kemudian berhasil memimpin tren media sosial dengan konten video singkat berulang yang adiktif dan berbagai challenge viralnya. Bahkan sampai sekarang, akselerasi pertumbuhan aplikasi yang satu ini belum menunjukan tanda menurun sedikitpun. Bagi marketers, pesatnya pertumbuhan aplikasi TikTok tentu sangat menggiurkan. Melihat tren tersebut, Anda seharusnya tidak perlu ragu memanfaatkan kepopuleran TikTok sebagai media marketing.

\\r\\n\\r\\n

Kelebihan TikTok sebagai Media Marketing

\\r\\n\\r\\n

Berdasarkan data yang dihimpun di awal tahun 2021, selain memiliki hampir 700 juta pengguna aktif, aplikasi TikTok juga telah diunduh lebih dari 2 miliar kali di App Store dan Google Play. Selain itu, rata-rata ada 1 miliar video di TikTok yang dilihat per hari dalam setahun. 90% penggunanya pun mengakses aplikasi ini setiap hari, dan mereka menghabiskan waktu rata-rata 52 menit per hari untuk membuka TikTok.

\\r\\n\\r\\n

TikTok juga bisa diibaratkan ladang basah untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Pasalnya, lebih dari 41% pengguna Tik Tok adalah remaja, salah satu konsumen terbesar produk gaya hidup. Selain itu, fitur-fitur yang ada di aplikasi TikTok mudah digunakan oleh hampir semua usia. Pengguna bisa dengan mudah mengedit video di aplikasi, tanpa harus repot-repot menggunakan editing software. 

\\r\\n\\r\\n

Seperti halnya Instagram, di TikTok juga banyak terdapat influencer. Keberadaan mereka bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promosi produk atau jasa yang ditawarkan brand Anda. Apalagi jika Anda perhatikan, saat ini video dari TikTok lah yang paling banyak dibagikan di platform media sosial lainnya. Hal ini tentu saja menjadi nilai plus, karena bukan tidak mungkin video Anda juga bisa mengalami hal yang sama.

\\r\\n\\r\\n

Tips Strategi Marketing Menggunakan TikTok

\\r\\n\\r\\n

Agar bisa memaksimalkan TikTok sebagai media marketing brand Anda, beberapa tips strategi berikut ini patut dicoba:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Mengikuti tren dan membuat konten menarik

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Strategi marketing lewat TikTok memang mengandalkan video, yang berisi berbagai hal yang sedang tren dan diminati banyak orang. Untuk memenuhi keinginan banyak orang akan suatu video hiburan, Anda perlu memikirkan dan merancang konten menarik. Namun perlu diketahui dan diingat, tren di TikTok cepat berubah. Jadi, ketika mendapatkan momen yang pas dengan brand Anda, segeralah membuat kontennya. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

TikTok memiliki banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan saat membuat konten. Ada beragam filter dan efek baik itu untuk video maupun voice over. Mulai dari yang lucu, menggemaskan, hingga menyeramkan dan membuat Anda tertawa terpingkal-pingkal. Jangan lupa juga untuk menggunakan musik yang sesuai, dan usahakan pilih musik yang sedang trending.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Membuat deskripsi di caption yang jelas

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Salah satu cara untuk membuat  audiens tertarik melihat sebuah konten adalah adanya deskripsi yang jelas. Apalagi jika deskripsi ini yang dipadukan dengan hashtag yang tepat. Karena hashtag bisa mendatangkan lebih banyak penonton, sementara deskripsi akan membuat seseorang lebih memahami konten yang dibuat. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Menggunakan hashtag yang sesuai

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Hashtag merupakan penanda untuk suatu bahasan tertentu agar mudah ditemukan, biasanya dengan menyertakan tanda tagar (#). Konten video TikTok sangat bergantung pada hashtag. Ketika Anda memilih menu discover, video yang muncul diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. Agar video yang dibuat bisa muncul, maka pilihlah hashtag yang lebih spesifik dan bisa menjadi ciri khas TikTok Anda.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Sering mengunggah konten dan sesekali menggunakan ads

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Audiens yang berkunjung ke sebuah profil TikTok biasanya tidak hanya melihat satu video, namun bisa beberapa video sekaligus. Maka semakin banyak video yang Anda unggah membuka peluang semakin banyak pula video yang mereka tonton. Jika pengunjung channel TikTok Anda sudah banyak, tak ada salahnya sesekali memasang iklan di TikTok sebagai call to action dan mencapai tujuan dari digital marketing yang Anda targetkan. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Berkolaborasi dengan influencer

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Agar dapat meraih pasar yang lebih luas, Anda juga bisa berkolaborasi dengan influencer TikTok. Namun sebelum berkolaborasi, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut. Anda juga perlu mengetahui secara pasti, dengan influencer seperti apa yang ingin Anda ajak bekerja sama. Untuk itu, lakukan analisis terlebih dahulu mengenai audiens dari influencer tersebut. Jangan lupa gunakan fitur Duet with Me yang akan membuat kolaborasi bisa lebih interaktif.

\\r\\n\\r\\n

Tapi jika Anda masih merasa bingung atau kurang mengerti terhadap penggunaan TikTok untuk kebutuhan digital marketing, tim dari Established Jakarta sebagai marketing partner dengan tailored marketing strategy selalu siap membantu untuk mengembangkan brand Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Established Jakarta, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Us

Up Next

Strategi Marketing pada TikTok
Read More
Strategi Marketing pada TikTok
Read More
Strategi Marketing pada TikTok
Read More