Inbound Marketing Vs Outbound Marketing: Mana yang Lebih Efektif?

29.09.2021

Dynar Manggiasih

Dari tahun ke tahun, strategi marketing terus berkembang. Apalagi di era digital seperti sekarang, perubahan bisa sangat cepat terjadi. Belum lagi selera dan perilaku konsumen atau audiens yang juga terus berubah. Namun dari sekian banyak strategi marketing yang ada, pada dasarnya kita bisa mengerucutkan menjadi dua tipe saja, yaitu strategi inbound marketing dan outbound marketing.

\\r\\n\\r\\n

Apa Itu Inbound Marketing dan Outbound Marketing?

\\r\\n\\r\\n

Inbound marketing adalah teknik untuk menarik, melibatkan, dan membuat audiens menyukai produk atau jasa yang brand Anda tawarkan dengan berfokus pada pelanggan. Strategi ini dikemas dalam konten menarik dan berguna bagi audiens, sehingga mereka akan mendatangi sendiri produk atau jasa yang Anda tawarkan dalam konten. Contohnya, Anda membuat konten dan menggunakan media sosial sebagai alat distribusi konten tersebut. Dari konten tersebut, audiens akan mengetahui dan tertarik mencari tahu lebih lanjut melalui website. Kemudian mereka akan membeli atau menunjukkan minat pada produk atau jasa Anda. 

\\r\\n\\r\\n

Sedangkan outbound marketing adalah metode marketing tradisional yang berusaha untuk menyampaikan pesan kepada target audiens yang luas dan lebih bersifat satu arah. Strategi ini lebih berfokus pada marketer dengan cara melakukan kegiatan yang “mengganggu” aktivitas audiens. Istilah mengganggu disini maksudnya adalah mengirim penawaran pada audiens tanpa sepengetahuan atau keinginan mereka. Contoh outbound marketing adalah iklan televisi, billboard, telemarketing, brosur, dan sebagainya. Pada dasarnya, Anda-lah yang harus lebih aktif “menyapa” audiens untuk mengkomunikasikan value produk atau layanan. 

\\r\\n\\r\\n

Perbedaan Inbound Marketing dan Outbound Marketing

\\r\\n\\r\\n

Anda dapat mengidentifikasi perbedaan antara inbound marketing dan outbound marketing dari aspek-aspek berikut ini:

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Target yang Dituju

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Inbound marketing berusaha menarik perhatian target orang yang memiliki intensi atau tertarik untuk melihat konten yang dibuat, sedangkan outbound marketing hanya menjelaskan produk yang dijual saja. 

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Pendekatan

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Inbound marketing menggunakan strategi di mana konten yang dibuat bisa menarik calon pelanggan. Dengan cara ini, konsumen yang datang jadi lebih berkualitas dan lebih mungkin membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan outbound marketing menjangkau siapa pun, baik itu target audiens maupun bukan.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Medium Strategi

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Pada inbound marketing, medium yang digunakan diantaranya blog, media sosial, dan juga influencer marketing. Sedangkan pada outbound marketing, medium yang digunakan diantaranya billboard, social media ads, Google Ads, brosur, majalah, dan iklan televisi.

\\r\\n\\r\\n
    \\r\\n
  • \\r\\n

    Interaksi dengan Audiens

    \\r\\n
  • \\r\\n
\\r\\n\\r\\n

Dalam inbound marketing, komunikasi antara marketer dan audiens berjalan dua arah, serta memikirkan apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan. Jadi, apa yang dicari oleh calon konsumen bisa ditemukan dalam konten yang dibuat. Sedangkan komunikasi outbound marketing lebih satu arah. Alih-alih melakukan soft selling, strategi ini cenderung menggunakan teknik hard selling dalam menjual produknya.

\\r\\n\\r\\n

Mana yang Lebih Efektif, Inbound Marketing atau Outbound Marketing?

\\r\\n\\r\\n

Di era sebelum penggunaan internet semasif saat ini, outbound marketing tentu dapat memberikan hasil yang menjanjikan. Persaingan masih minim dengan lebih sedikit iklan dibandingkan dengan berapa banyak yang bisa kita lihat sekarang. Namun, zaman telah berubah. Dari waktu ke waktu, audiens semakin mengabaikan iklan yang hadir di hadapan mereka.  Mereka juga tidak suka diganggu. Hal ini berarti metode yang fokus pada mendorong penyampaian pesan khususnya satu arah semakin tidak relevan. 

\\r\\n\\r\\n

Inbound marketing menggunakan strategi yang memungkinkan lead berkualitas menemukan konten yang Anda buat. Jika diibaratkan sebagai manusia, inbound marketing adalah tipe orang yang tahu apa yang mereka inginkan, tahu langkah-langkah apa saja yang tepat untuk menarik perhatian Anda, serta siap untuk memberikan solusi jika dibutuhkan. Metode ini fokus menyasar minat target audiens sehingga membuat mereka datang kepada Anda. Jika Anda bisa menciptakan hubungan yang berkesan, orang-orang yang tertarik ini adalah leads berkualitas dan sangat berpotensi untuk menjadi konsumen. Bisa dibilang, inbound marketing adalah pilihan yang lebih efektif dan realistis untuk saat ini.

\\r\\n\\r\\n

Di sisi lain, efektivitas outbound marketing sulit untuk diukur. Kelemahan terbesar dari outbound marketing adalah sangat mahal, tidak responsif, dan juga tidak menarget audiens yang spesifik. Strategi ini menjangkau siapa saja, meskipun mereka tidak termasuk ke dalam qualified lead. Anda hanya menghabiskan banyak uang untuk iklan di TV, mengirimkan pesan Anda kepada siapapun di luar sana, dan mengharapkan yang terbaik. Sehingga dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa inbound marketing jauh lebih efektif dari outbound marketing. Selain hemat tenaga, waktu, dan biaya, inbound marketing juga dipercaya lebih tepat sasaran dalam praktiknya. 

\\r\\n\\r\\n

Namun perlu diingat, strategi marketing yang terbaik adalah strategi yang benar-benar bekerja untuk bisnis Anda. Sebaiknya jangan takut untuk selalu mencoba hal baru, selagi Anda tetap melanjutkan strategi lama yang masih berjalan hingga saat ini. Lakukan analisis secara berkala, dan bersiap untuk semua kemungkinan.

\\r\\n\\r\\n

Tapi jika Anda masih merasa kurang mengerti bagaimana caranya mengkombinasikan inbound marketing dan outbound marketing, atau bingung sebaiknya menggunakan strategi yang mana, tim dari Established Jakarta sebagai marketing partner dengan tailored marketing strategy selalu siap membantu untuk mengembangkan brand Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Established Jakarta, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Us.

Up Next

Komparasi Inbound dan Outbound Marketing
Read More
Komparasi Inbound dan Outbound Marketing
Read More
Komparasi Inbound dan Outbound Marketing
Read More