Southgate: Strategi Sempurna Untuk Infrastruktur Digital yang Solid

07.03.2022

ESTB Team

“Membangun ekosistem digital terintegrasi untuk membawa audiens yang relevan menuju galeri marketing.”

\\r\\n\\r\\n

Southgate Residence adalah apartemen mewah baru yang berlokasi di TB Simatupang dari pengembang terpercaya Sinar Mas Land. Apartemen ini dibangun dengan konsep green living mixed-use development. Di Southgate Residence, Anda akan menemukan perpaduan sempurna antara kemewahan, green living, kenyamanan, dan harmoni. Kawasan superblock ini terdiri dari 3 tower residensial, 1 tower perkantoran dan AEON Mall. Kisaran harga apartemennya sekitar 1,7-3,5 M.

\\r\\n\\r\\n

Pada tahun 2017, kawasan hunian baru ini kurang kehadirannya di ekosistem digital. Apalagi website resmi mereka kalah bersaing dengan website agen properti yang juga menjual unit apartemen sejenis. 

\\r\\n\\r\\n

Kombinasi Strategi Inbound dan Outbound Marketing Untuk Membangun Ekosistem Digital yang Efektif

\\r\\n\\r\\n

Untuk meningkatkan aset digital Southgate Residence, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan peran setiap platform digitalnya. Kami menggunakan website sebagai tempat yang menyediakan informasi dasar Southgate Residence, dimana informasi tersebut akan dibagikan melalui media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Selain itu, Established Jakarta juga membuat strategi iklan media (SEM, Programmatic Banner, Facebook Ads, Advertorial) yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan visibilitas situs web di internet.

\\r\\n\\r\\n

O2O (Online ke Offline) Marketing

\\r\\n\\r\\n

Di tahun 2018 ini, Established Jakarta tidak hanya menawarkan strategi digital marketing, tetapi juga offline event strategy yang terintegrasi dengan online marketing dengan tujuan untuk membawa calon konsumen mengunjungi marketing gallery dan melihat show unit. Southgate Residence mengadakan acara MINI di galeri pemasaran yang berkolaborasi dengan komunitas, pakar, atau influencer. Acara dipromosikan melalui media sosial dan acara itu sendiri mengadakan kegiatan yang akan menumbuhkan basis penggemar media sosial seperti kompetisi foto. Selain itu, video setelah acara juga ditampilkan di platform digital.

\\r\\n\\r\\n

Menyampaikan Pesan yang Tepat ke Audiens yang Tepat

\\r\\n\\r\\n

Southgate Residence memiliki 3 tower hunian, tower pertama yang diluncurkan adalah Outhgate Elegance. Pada November 2018, Southgate Residence meluncurkan Southgate Prime dan pada Oktober 2019, mereka meluncurkan Altuera at Southgate. Untuk dua menara pertama, memiliki profil pelanggan yang serupa. Sementara itu, Altuera at Southgate memiliki proposisi nilai yang berbeda dan target pelanggan yang berbeda.

\\r\\n\\r\\n

Altuera at Southgate dibuat untuk membidik pasar urban millennials. Konsep interiornya lebih minimalis dan muda. Fasilitasnya sendiri terpisah dari 2 tower lainnya. Selain itu, apartemen ini memiliki akses langsung ke AEON Mall yang menjadi salah satu keunggulan dibandingkan dengan tower lainnya. Oleh karena itu, kami tidak dapat menggunakan pendekatan yang sama untuk mempromosikan Southgate Elegance dan Altuera at Southgate.

\\r\\n\\r\\n

Kami perlu mendefinisikan persona pembeli dari kedua pelanggan yang disasar, dan menemukan apa manfaat fungsional dan emosional yang mereka cari. Dengan memberikan apa yang mereka cari, Southgate Residence akan menjadi pilihan mereka saat mencari rumah idaman.

\\r\\n\\r\\n

Kami juga memberikan sisipan pesan emosional, yang berfokus pada bagaimana menjalani keseimbangan hidup di tengah hiruk pikuk kota dengan semua ruang hijau, dan fasilitas yang disediakan oleh Southgate Elegance.

\\r\\n\\r\\n

Sementara itu, Altuera at Southgate lebih fokus dalam menyampaikan pesan bagaimana tinggal di apartemen tersebut dapat mendukung Anda untuk menjadi lebih produktif, efisien secara waktu dan dapat mencapai impian.

\\r\\n\\r\\n

Oleh karena itu, pada awal tahun 2020, kami membuat situs web baru untuk Altuera at Southgate. Desain visual baik untuk website maupun media sosial memiliki nuansa yang sama sekali berbeda, dengan nuansa yang lebih minimalis dan dinamis dibandingkan Southgate Elegance. Konten tersebut juga banyak berbagi hal-hal dengan topik yang berkaitan dengan minat kaum milenial, seperti tips finansial dan life hacks untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

\\r\\n\\r\\n

Selain itu, kami juga memproduksi video show unit yang dibagikan di website dan dapat digunakan oleh sales untuk mempromosikan apartemen. Kami juga secara berkala membuat progres pembangunan apartemen dan membagikannya di website dan media sosial untuk memberikan update kepada audiens tentang proyek tersebut, yang akan memberikan kepastian bagi mereka yang sudah membeli unit dan calon pembeli.

\\r\\n\\r\\n

Mengintegrasikan Seluruh Aset Digital

\\r\\n\\r\\n

Semua aset digital yang dibuat sejak campaign pertama terus berkembang mengikuti kebutuhan dan kemajuan pembangunan Southgate Residence. Semua campaign yang dijalankan dan konten yang dikembangkan terintegrasi satu sama lain. Kami berusaha memberikan customer journey yang lebih baik mulai dari kemudahan mereka untuk mencari informasi tentang Southgate Residence dengan hadir di Google dan media sosial. Didukung oleh media iklan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas di platform lain. Kemudian, konten dari visual hingga video juga membangun citra dan kredibilitas merek itu sendiri untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hingga akhirnya pelanggan percaya bahwa Southgate Residence adalah tempat yang bagus untuk ditinggali dan membawa peluang lead.

\\r\\n\\r\\n

Untuk menghindari kebingungan audiens akibat dual identity dari website yang memiliki target pasar yang berbeda, maka website digabung menjadi satu domain dengan homepage yang tergabung. Sehingga penonton sadar bahwa semua tower residensial berada dalam satu kawasan superblok Southgate Residence namun memiliki konsep yang berbeda. Dan mereka dapat memilih mana yang sesuai dengan preferensi mereka dengan baik.

\\r\\n\\r\\n

Selain itu, Sinar Mas Land sebagai korporasi juga meningkatkan teknologi dan mendigitalkan sistem mereka untuk menghadapi perubahan industri. Mereka menggunakan CRM bernama Sales Candy yang mengintegrasikan upaya pemasaran digital ke tim penjualan. Oleh karena itu, kita dapat memiliki wawasan yang lebih baik tentang bagaimana upaya pemasaran yang dilakukan berdampak pada kinerja penjualan. CRM melacak sumber peluang prospek yang datang ke situs web atau dari formulir prospek media sosial dan langsung mengirimkan data ke tim aplikasi penjualan, sehingga mereka dapat menindaklanjuti prospek lebih cepat.

\\r\\n\\r\\n

Memastikan Strategi Marketing Cocok dengan Situasi Saat Ini

\\r\\n\\r\\n

Di era digital, semua berubah begitu cepat, mulai dari tren, perilaku pelanggan, media sosial, dll. Oleh karena itu, kami harus selalu up to date agar dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan platform yang tepat bersama dengan kampanye untuk mencapai tujuan. Established Jakarta menjadi mitra selama sekitar 3 tahun, dan selama itu kami terus menyesuaikan strategi pemasaran digital mengikuti tren. Kami juga mengubah strategi mengikuti fase merek itu sendiri. Di tahun 2017-2018 kami fokus membangun awareness, sedangkan di 2019-2020 kami fokus menghasilkan lead potensial yang bisa ditindaklanjuti oleh tim sales.

\\r\\n\\r\\n

Kami juga melakukan refresh situs web untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada audiens, dan menggunakan SEO untuk meningkatkan visibilitas situs web serta memenangkan persaingan dengan situs web agen. Strategi iklan media juga berubah seiring waktu jalan untuk memenuhi tujuan. Jika sebelumnya kami menggunakan media sosial untuk mendatangkan traffic ke situs web, pada tahun 2020 kami menggunakan iklan lead generation untuk menghasilkan lead langsung dari platform Facebook & Instagram karena perilaku audiens juga berubah, dan lebih suka atau bersedia meninggalkan data mereka dalam di Facebook/Instagram.

\\r\\n\\r\\n

Semua campaign di setiap periode selalu dianalisis dan dievaluasi untuk menemukan ruang peningkatan dan pengoptimalan. Hasilnya, dari SEO yang dilakukan pada tahun pertama, website Southgate Residence mampu mengembangkan 860 kata kunci organik dan memperoleh 3.511 total traffic organik. Selain itu, traffic organik menyumbang 38% dari prospek berkualitas dibandingkan dengan saluran pemasaran lainnya. Di tahun kedua, kinerja SEO meningkat signifikan dan mampu mendulang 25.870 pengunjung. Selain itu, traffic organik menyumbang 90% dari prospek berkualitas di tahun kedua. Pada tahun 2020, melalui iklan pembuatan prospek Facebook dan Instagram, kami dapat menghasilkan 1.141 prospek untuk Southgate Elegance dan 1.135 prospek untuk Altuera di Southgate.

Up Next

Bagaimana Established Jakarta membantu Southgate dalam pengembangan campaignnya
Read More
Bagaimana Established Jakarta membantu Southgate dalam pengembangan campaignnya
Read More
Bagaimana Established Jakarta membantu Southgate dalam pengembangan campaignnya
Read More