Rekomendasi SEO Tools Untuk Riset Keywords

16.02.2022

Dynar Manggiasih

Untuk dapat melakukan optimasi Search Engine Optimization (SEO) dengan maksimal, Anda perlu menggunakan kata kunci atau keyword yang tepat. Nah, untuk menemukan kata kunci yang tepat, Anda perlu melakukan riset keyword terlebih dahulu. Langkah ini penting dilakukan untuk mengetahui kata atau frasa seperti apa yang sering dicari oleh audiens.

\\r\\n\\r\\n

Untuk mendapatkan keyword yang tepat, ada beberapa platform yang dapat Anda gunakan untuk membantu proses riset, baik yang gratis maupun berbayar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tools yang bisa Anda gunakan:

\\r\\n\\r\\n

Google Keyword Planner

\\r\\n\\r\\n

Hasil pencarian Google Keyword Planner akan memunculkan jumlah pencarian kata kunci per bulan, hingga tingkat kesulitan kompetisi kata kunci. Tools ini merupakan salah satu keyword research tool paling populer. Selain gratis, Google Keyword Planner juga mudah digunakan sehingga jika kamu baru pertama kali menggunakannya. Anda pun bisa lebih cepat memahami cara kerjanya, hanya dengan memasukkan keyword yang diinginkan di search bar. Sebelum menggunakan Google Keyword Planner, pastikan Anda telah memiliki kata kunci alternatif agar riset yang Anda lakukan bisa efektif dan maksimal. Anda bisa mendapatkan kata kunci alternatif, dengan cara mengetikkan keyword pada kolom pencarian Google dan lihat kata kunci terkait.

\\r\\n\\r\\n

Google Trends

\\r\\n\\r\\n

Situs milik Google ini dapat memudahkan Anda mengetahui trend pencarian dalam waktu tertentu. Google Trends mempunyai akses data yang bisa diperoleh dari hasil pencarian secara real time. Platform ini adalah salah satu keyword tool gratis yang banyak digunakan oleh para blogger, marketer dan pebisnis, karena memiliki berbagai kelebihan. 

\\r\\n\\r\\n

 

\\r\\n\\r\\n

Diantaranya mampu menyaring pencarian berdasarkan wilayah, menampilkan daftar trending topic, menampilkan perkembangan suatu topik dalam kurun waktu tertentu, mempunyai fitur dan juga navigasi yang mudah digunakan. Selain itu, platform ini juga bisa  memberikan keyword yang sesuai dengan topik, membandingkan beberapa kata kunci secara bersamaan, serta menampilkan data keyword dari platform Google lainnya.

\\r\\n\\r\\n

SEMRush

\\r\\n\\r\\n

Tools yang dikembangkan oleh perusahaan asal Massachusetts, Amerika Serikat ini bisa dimanfaatkan untuk menyusun strategi demi menaikkan SEO website, termasuk untuk mencari keyword. Ketika mengetikkan kata kunci di keyword overview, Anda akan menemukan berbagai informasi terkait kata kunci tersebut. Seperti volume pencarian, keyword difficulty (KD), cost per click (CPC), bahkan variasi kata kunci hingga pertanyaan terkait. 

\\r\\n\\r\\n

 

\\r\\n\\r\\n

Di akun gratis, Anda bisa mencari hingga 10 keywords per harinya. Anda juga bisa meng-upgrade akun gratis menjadi akun premium mulai dari USD 119.95 per bulan untuk mendapatkan rekomendasi hingga lebih dari 500 keywords per harinya.

\\r\\n\\r\\n

Ubersuggest

\\r\\n\\r\\n

Selanjutnya adalah tools yang dikembangkan oleh seorang entrepreneur di bidang digital marketing, Neil Patel, yaitu Ubersuggest. Bersama dua tools lainnya, Kissmetrics dan Crazy Egg, Ubersuggest berfungsi untuk menaikkan peringkat website di mesin pencari melalui SEO. Bedanya, Ubersuggest berperan sebagai tool gratis untuk mencari keywords. 

\\r\\n\\r\\n

Mirip seperti SEMrush, Ubersuggest juga dapat menampilkan hasil analisis keyword di area yang Anda tentukan sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi terkait kata kunci yang dicari, seperti volume pencarian sebulan terakhir, KD, CPC, bahkan ide keyword dan ide konten dari website yang membahas topik terkait kata kunci yang dicari.

\\r\\n\\r\\n

WordStream

\\r\\n\\r\\n

WordStream menyediakan berbagai macam software khusus untuk marketer di berbagai media. Didalamnya juga terdapat software untuk bisnis skala kecil dan menengah. Fitur di Wordstream dibagi dalam 2 kategori, yaitu fitur untuk advertisers dan fitur untuk marketing agencies. Masing-masing kategori fitur juga dilengkapi dengan tools pendukung yang akan membantu kinerja Anda. 

\\r\\n\\r\\n

Untuk advertiser tersedia tools mulai dari time saving alerts and workflow tools, cross platform reporting dashboard, dan easy to use solution for ad creative. Sementara untuk marketing agencies juga ada piranti yang memudahkan kerja saat melakukan digital marketing strategy, seperti integrated tools for driving new business, AI-driven reporting across multiple client, dan simple tools untuk membuat iklan kreatif.

\\r\\n\\r\\n

Google Search Console

\\r\\n\\r\\n

Google Search Console adalah salah satu tool gratis lainnya dari Google agar bisa memantau langsung performa website dan cukup efektif dalam melakukan riset keyword. Dengan adanya tool ini, maka kita bisa melihat laporan performa keyword di seluruh konten. Tool ini juga sangat mudah untuk digunakan dan bisa diintegrasikan pada website berbasis Wordpress, agar bisa melakukan monitoring secara mudah. Seluruh laporan yang diberikan oleh Google Search Console ini nantinya bisa Anda lihat dalam tab performance. 

\\r\\n\\r\\n

Sedangkan untuk riset keyword, Anda bisa mengaksesnya pada tab queries. Di dalamnya, Anda bisa memperoleh daftar kata kunci yang bisa Anda gunakan secara, lengkap dengan informasi lainnya. Seperti jumlah klik pada website atau blog Anda, impression, CTR, dan rata-rata website Anda di hasil pencarian Google.

\\r\\n\\r\\n

Ahrefs Keyword Generator

\\r\\n\\r\\n

Tak kalah populer, Ahrefs merupakan kompetitor apple-to-apple dengan SEMrush yang juga menawarkan hasil analisis website dan kata kunci secara mendalam. Melalui fitur Keyword Generator, Ahrefs menawarkan 100 kata kunci terkait pencarianmu yang bisa digunakan sebagai inspirasi untuk long-tail keyword beserta search volume dan pertanyaan terkait kata kunci yang Anda masukkan. 

\\r\\n\\r\\n

Tools ini memungkinkan Anda melakukan riset pada berbagai mesin pencari, seperti Google, Bing, Youtube, dan Amazon. Anda bisa menggunakan akun gratis, atau upgrade akun menjadi premium dengan membayar biaya langganan mulai USD 99 untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Mulai dari KD, search volume, jumlah klik, CPC, click per search (CPS), return rate (RR), SF, parent topic, search engine results pages (SERP), serta update pencarian mengenai kata kunci. 

\\r\\n\\r\\n

Semua tools tersebut dapat Anda manfaatkan untuk memulai strategi optimasi SEO agar Anda dapat mendatangkan pengunjung ke website bisnis Anda. Jika Anda memerlukan konsultan untuk berkolaborasi menyusun strategi SEO yang tepat untuk bisnis Anda, Established Jakarta sebagai marketing partner dengan tailored marketing strategy selalu siap membantu untuk mengembangkan brand Anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Established Jakarta, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact Us

Up Next

Tools yang direkomendasikan untuk pengerjaan SEO
Read More
Tools yang direkomendasikan untuk pengerjaan SEO
Read More
Tools yang direkomendasikan untuk pengerjaan SEO
Read More